Comments

Tuesday, November 12, 2013

Tak langsung pipis saat bangun tidur bisa merusak lever!

Posted by at 5:03 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Lever adalah salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting. Tugas lever adalah melakukan fungsi metabolisme dalam tubuh. Lever juga berfungsi untuk menghilangkan racun dalam dalam tubuh. Kerusakan pada lever tak hanya berbahaya, melainkan juga bisa sampai menyebabkan kematian.

Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan lever dan mengetahui apa saja yang bisa membahayakan organ yang satu ini. Syeda Kiran Zahra Hussain, terapi nutrisi holistic dari Amerika Serikat memberikan beberapa penyebab kerusakan lever. Salah satunya adalah tidak langsung pipis di pagi hari.

Sangat penting untuk langsung buang air kecil di pagi hari setelah bangun tidur. Ini untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Langsung buang air kecil saat bangun tidur akan membuat tubuh kembali bugar karena racun dalam tubuh yang menumpuk di malam hari akan langsung terbuang.
Tanpa disadari, hal remeh yang sering Anda lakukan setiap hari juga bisa menyebabkan kerusakan lever. Lantas, apa saja penyebab kerusakan lever lainnya? Ini dia, seperti dilansir oleh Health Me Up

1. Kurang tidur

 Tubuh kita beristirahat dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh ketika tidur. Untuk itu, tidur cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kurang tidur bisa mengganggu proses penyembuhan dan perbaikan tubuh ini dan juga bisa menyebabkan kerusakan lever. Kurang tidur juga sa menambah kerusakan pada lever.

2. Makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak tak hanya bisa membuat Anda cepat gemuk, tetapi juga bisa merusak kesehatan lever. Terutama jika Anda tidak mengontrol jenis makanan apa yang dikonsumsi. Sebaiknya konsumsi makanan secara wajar, sesuai porsi Anda, dan pilih makanan sehat untuk dimakan.

3. Melewatkan sarapan

 Jika tak ingin lever bermasalah, sebaiknya makan sarapan yang baik dan sehat di pagi hari. sarapan sehat akan membuat Anda lebih lama kenyang dan juga mencegah kerusakan lever. Melewatkan sarapan bisa membuat Anda merasa lapar dan ngemil seharian, sehingga juga bisa membuat gemuk.

4. Mengonsumsi terlalu bayak obat

 Ketika akan minum obat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Mengonsumsi obat terlalu berlebihan bisa menyebabkan kerusakan lever. Jangan terlalu mudah membeli obat yang ada di toko dan meminumnya tanpa ada anjuran dokter.

5. Perasa makanan

 Hati-hati dengan komposisi tambahan pada makanan Anda, seperti perasa makanan, zat aditif, pewarna makanan, dan pemanis buatan. Zat-zat dalam bahan-bahan tambahan tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada lever karena mengandung zat kimia.

6. Minyak tak sehat

Mengonsumsi minyak yang tak sehat secara berlebihan, baik minyak dari makanan atau minyak yang dipakai memasak bisa menyebabkan masalah pada lever dan jantung. Jadi jangan gunakan minyak tak sehat terlalu sering. sebaiknya mulai beralihlah pada minyak alami seperti minyak wijen atau minyak zaitun.

7. Makanan mentah

 Mengonsumsi makanan mentah atau makanan yang dimasak setengah makan juga bisa menyebabkan kerusakan lever. Jika bisa, konsumsi makanan segar yang dimasak sesuai dengan aturan. jangan lupa untuk membersihkan makanan terlebih dahulu sebelum dimasak.

8. Konsumsi alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol tak baik untuk kesehatan seluruh tubuh Anda, terutama lever.Jika bisa, sebaiknya hindari alkohol dan jangan mengonsumsi. Jika Anda adalah pecinta alkohol, sebaiknya mulai kurangi konsumsinya.

Itulah beberapa hal sepele yang mungkin biasa Anda lakukan setiap hari dan bisa menyebabkan kerusakan pada lever. Sebaiknya waspadai dan hindari hal-hal di atas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template