Comments

Tuesday, November 19, 2013

Ternyata, wortel ampuh untuk jaga kesehatan lever

Posted by at 5:19 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Selama ini wortel selalu dikait-kaitkan dengan kesehatan mata serta kesuburan. Padahal wortel memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. salah satunya adalah menjaga kesehatan lever atau hati.
Wortel tergolong sebagai makanan detox yang bisa membersihkan lever. Sayuran berwarna orange cerah ini diketahui bisa mengeluarkan timbunan lemak dalam lever dan membuat lever kembali bersih, seperti dilansir oleh Health Me Up

Lantas, manfaat kesehatan apa lagi yang dimiliki oleh wortel? Berikut penjabarannya!

1. Menunda penuaan

Wortel adalah salah satu sayur yang kaya antioksidan. Selain itu, wortel juga mengandung banyak beta karoten yang ampuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, wortel bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan menunda proses penuaan.

2. Menangkal penyakit jantung

Wortel mengandung beta karoten dan alfa karoten, serta lutein yang ampuh melawan kolesterol. Tak hanya itu, wortel juga mengandung banyak serat dan bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat. Jadi, sayuran ini bisa membantu mengurangi timbunan kolesterol pada pembuluh darah serta menyehatkan jantung.

3. Kesehatan gigi

Konsumsi wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi dan membersihkan plak. Menggigit wortel akan meningkatkan produksi air liur sehingga bisa menyeimbangkan tingkat asam dan pH dalam mulut. Dengan begitu, bakteri tak akan mudah muncul dan berkembang dalam mulut.

4. Mencegah infeksi

Wortel mentah atau wortel yang dikukus bisa digunakan untuk membersihkan luka. Caranya, cukup berikan irisan wortel, baik yang mentah atau dikukus, pada luka untuk mencegah infeksi. Cara kerja wortel dalam hal ini sama dengan anti-septik.

Itulah beberapa khasiat yang dimiliki oleh wortel. Apa Anda sudah tahu bagaimana cara memilih wortel yang baik? Caranya adalah pilih wortel berukuran medium, berkulit halus, dan berwarna cerah. Selain itu, pastikan juga wortel yang Anda pilih masih segar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template