Comments

Thursday, November 21, 2013

10 Cara agar tidur lebih nyenyak saat hamil

Posted by at 4:30 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/ibu%20hamil

Bagi wanita yang sedang hamil terkadang tidur menjadi tak mudah. Salah satu alasan tidur menjadi semakin sulit adalah semakin membesarnya janin. Wanita juga harus membiasakan diri dengan perut yang semakin besar dan mencari posisi tidur yang nyaman dengan 'tubuh baru' mereka tersebut.

Masalah lain yang sering dialami ibu hamil adalah mereka seringkali buang air kecil di malam hari. Hal ini karena kandung kemih tertekan ketika janin dan kehamilan semakin membesar, sehingga mereka lebih mudah buang air kecil. Tak hanya itu, ibu juga mengalami kram dan rasa tak nyaman saat tidur.

Namun jangan khawatir, para ibu yang sedang hamil bisa melakukan beberapa langkah berikut ini agar tidur kembali nyenyak. Ini dia cara-cara yang bisa dicoba, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Bantal tambahan

 Ibu hamil membutuhkan bantal yang empuk untuk menopang punggung dan perut. Meletakkan bantal di sekitar kaki akan membantu Anda menopang punggung sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman.

2. Jangan tidur siang

 Mengantuk di siang hari adalah hal yang wajar, terutama pada trimester pertama. Namun terlalu banyak tidur siang justru bisa membuat ibu hamil kesulitan tidur di malam hari. Jadi sebaiknya hindari tidur siang jika tak benar-benar lelah dan membutuhkan waktu tidur.

3. Jangan stres

 Ketika hamil, tingkat stres dan depresi tentunya tinggi. Hal ini bisa membuat ibu hamil mengalami insomnia. Jadi, sangat penting agar ibu hamil mengatasi rasa stres yang dirasakannya agar bisa tidur nyenyak. Caranya, ibu hamil bisa melakukan meditasi, berbicara dengan teman, atau melakukan hal yang disukai.

4. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

 Makanan juga bisa berimbas pada tidur yang tak nyenyak. Makanlah makanan yang kaya karbohidrat seperti roti atau susu agar bisa tidur dengan nyenyak. Makanan yang mengandung protein juga bisa membantu menangkal sakit kepala, atau mimpi buruk saat hamil.

5. Hindari minum banyak air di malam hari

Tentu saja ibu hamil dan janin membutuhkan air untuk kebugaran tubuh. Namun pastikan untuk meminumnya di pagi dan siang hari. Saat sore dan malam, kurangi minum air agar kandung kemih tidak penuh di malam hari. Hal ini akan mencegah keinginan ibu hamil untuk pipis di tengah malam dan bisa tidur dengan nyenyak.

6. Menggunakan kantung air hangat

 Ibu hamil biasanya juga mengalami kram saat tidur. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa menggunakan kantung air hangat dan menempelkannya di bagian yang terasa kram. Namun pastikan airnya tak terlalu panas dan segera pindahkan dari perut jika sudah selesai. Jangan membiarkan kantung air hangat tersebut terus menempel ketika ibu hamil ketiduran.

7. Mandi air hangat

 Mandi air hangat sebelum tidur juga bisa membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak. Pastikan airnya tak terlalu panas. Mandi air hangat akan memberikan ketenangan pada otot dan bisa membantu meringankan kram.

8. Jadwalkan waktu tidur

 Tubuh manusia memiliki jadwal tidur dan bangun. Jadi, tepatilah jam tidur Anda. Jangan begadang agar Anda bisa tidur cukup dan nyenyak. Begitu juga, jangan tidur terlalu sore karena bisa mengganggu siklus tidur Anda.

9. Hindari junk food

 Jika ingin tidur nyenyak di malam hari, hindari junk food atau makanan cepat saji. Selain itu, hindari juga makanan yang digoreng, terlalu pedas, atau terlalu asam di siang maupun sore hari. Konsumsi lebih banyak buah dan biskuit untuk menghindari rasa mulas di malam hari.

10. Jangan merokok

 Merokok tak hanya buruk untuk paru-paru dan kesehatan janin Anda, tetapi juga bisa mengganggu waktu tidur. Pastikan Anda tidak merokok selama hamil atau dekat-dekat dengan perokok, karena mereka bisa mempengaruhi kesehatan Anda dan mengganggu tidur nyenyak Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur lebih nyenyak selama hamil. Jika Anda memiliki masalah tidur, Anda bisa menerapkan 10 langkah tersebut. Selamat mencoba dan selamat tidur nyenyak.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template