Comments

Tuesday, November 19, 2013

Jangan terapkan 6 jenis diet berbahaya ini

Posted by at 5:14 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Diet bertujuan untuk membuat Anda menjadi lebih sehat. Bentuk tubuh lebih ramping yang didapat hanyalah bonus dari pola mengonsumsi makanan sehat yang Anda terapkan selama berdiet.

Namun ada beberapa jenis diet yang ternyata berbahaya untuk diterapkan pada tubuh. Tubuh dapat kehilangan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Akibatnya apabila kekurangan nutrisi, kesehatan tubuh akan menurun sehingga menyebabkan tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Di bawah ini adalah 6 jenis diet yang berbahaya untuk tubuh seperti dilansir dari indiatimes.com.

Master cleanse
Master cleanse adalah jenis diet yang menjanjikan dapat mendetoksifikasi tubuh. Di dalam diet ini Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi air lemon, sirup maple, air putih, air garam, dan teh pencahar selama 10 hari. Hal ini tentu saja berbahaya karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, menyebabkan peradangan, dan menurunkan sistem imun tubuh.

Feeding tube diet
DI dalam diet ini Anda hanya mengonsumsi formula cairan yang dimasukkan ke dalam tube atau tabung selama 10 hari. Tabung ini harus Anda bawa kemana-mana layaknya infus dan hanya dilepaskan saat Anda diperbolehkan meminum secangkir teh herbal tanpa gula saja. Diet ini dapat membahayakan tubuh Anda karena akan mengakibatkan pusing, sembelit, dehidrasi, sakit kepala, dan batu ginjal.

Diet fruitarian
Sama seperti namanya, diet ini hanya memperbolehkan Anda mengonsumsi buah-buahan. Semua bahan makanan bahkan termasuk sayur-sayuran tidak diperbolehkan untuk Anda konsumsi. Tentu saja kebutuhan nutrisi seperti vitamin B12, protein, besi, seng, vitamin D dan kalsium tidak dapat tercukupi karena tidak ditemukan di dalam buah-buahan. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan anemia dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

HCG diet
HCG diet atau human chorionic gonadotropin adalah hormon yang ditemukan dalam air seni wanita hamil dan plasenta manusia. Hormon ini dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cara disuntikkan atau digosokkan ke kulit dalam bentuk krim. Para pelaku diet yang menjalani program ini tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan lebih dari 800 kalori per hari. Namun nyatanya tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa hormon ini dapat mengurangi berat badan. Malah dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral karena asupan kalori yang rendah.

Paleolitik diet
Paleolitik diet atau yang juga dikenal dengan diet pola jaman batu hanya memperbolehkan pengikutnya untuk mengonsumsi makanan alami dan menjauhi makanan olahan. Hal ini memang terdengar menyehatkan. Namun tubuh juga dapat kehilangan nutrisi dari susu karena susu berikut produk olahannya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Diet makanan bayi
Makan dengan menu makanan bayi dan porsi kecil saat Anda masih bayi mungkin merupakan ide yang baik untuk menjaga berat badan. Namun menurut beberapa peneliti hal ini dapat berbahaya bagi tubuh karena makanan tersebut tidak dapat mengakomodir kebutuhan nutrisi orang dewasa. Akibatnya tingkat metabolisme dapat menurun dan kebutuhan nutrisi tidak dapat tercukupi dengan baik.

Diet pada dasarnya adalah mengonsumsi makanan sehat dan seimbang serta dengan porsi yang tidak berlebihan. Diet seharusnya tidak menyiksa orang yang menjalankannya. Oleh karena itu sebelum berdiet, dengarkan tubuh Anda hingga Anda dapat memilih pola diet mana yang benar-benar sesuai untuk Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template