Comments

Wednesday, December 4, 2013

5 Olahraga terbaik dan terburuk saat kena flu

Posted by at 4:46 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Saat terkena flu, kebanyakan orang biasanya malas berolahraga. Apalagi ketika badan terasa demam atau tubuh terasa lelah. Olahraga adalah hal terakhir yang ada dalam pikiran. Namun sebenarnya melakukan olahraga ringan justru bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Richard Besser MD dari ABC News dan Tell Me the Truth mengungkap bahwa jika Anda mengalami gejala-gejala flu dari leher ke atas seperti hidung tersumbat, dan bersin-bersin, maka olahraga untuk mengeluarkan keringat aman di lakukan.

Berikut adalah beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan saat flu atau sebaiknya dihindari, seperti dilansir oleh Healthy Living

1. Jalan-jalan

Terkena flu memang bisa menurunkan energi dalam tubuh, jadi Anda bisa jadi tak punya banyak energi untuk berolahraga. Namun hanya dengan jalan-jalan selama 20 menit, Anda bisa mendapatkan manfaat dan menjaga kebugaran. Jalan-jalan santai bisa mengurangi gejala flu dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang berolahraga ringan saat flu lebih cepat sembuh.

2. Jogging

 Jika Anda terbiasa melakukan jogging setiap hari, jangan biarkan flu menghentikan kebiasaan baik ini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan olahraga seperti jogging atau lari pagi justru merasa baikan ketika mereka melakukan kebiasaan itu saat kena flu atau ketika merasakan gejala flu.

Jogging atau lari pagi juga bisa membantu menjernihkan pikiran dan membuat Anda merasa normal. Namun sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga semacam ini jika Anda merasakan gejala flu yang terjadi di bawah leher, seperti mual atau muntah.

3. Qi Gong

 Jenis olahraga ini memang pelan dan campuran antara seni bela diri dan meditasi. Olahraga ini bisa dilakukan jika Anda sedang tak ingin melakukan kegiatan yang terlalu berat dan berkeringat. Qi Gong sudah sejak lama digunakan untuk meredakan stres, rasa cemas, meningkatkan aliran darah, dan energi.

Terdapat beberapa bukti juga yang menunjukkan bahwa qi-gong bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian di University of Virginia menunjukkan bahwa atlet renang yang melakukan qi-gong memiliki risiko terkena infeksi 70 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukan qi-gong. Tentunya olahraga ini juga baik untuk meredakan gejala flu.

4. Yoga

Tubuh melepaskan hormon stres kortisol ketika mencoba melawan infeksi virus flu. Penelitian menyarankan agar melakukan teknik olahraga yang menenangkan seperti yoga atau teknik pernapasan. Yoga diketahui bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ditambah lagi, yoga juga bisa meredakan rasa sakit yang berkaitan dengan demam dan infeksi sinus.

5. Lari maraton

 Ketika terkena flu, jangan lakukan olahraga yang satu ini. Jangan berlari dalam jarak yang jauh karena ini bisa menurunkan kebugaran Anda. Jika lari pagi dan jalan-jalan ringan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lari dalam jarak yang jauh dan lari maraton justru menimbulkan efek sebaliknya. penelitian menunjukkan bahwa fungsi kekebalan tubuh bisa memburuk jika seseorang melakukan olahraga berlebihan dalam waktu 24 jam.

Itulah beberapa jenis olahraga yang baik untuk dilakukan ketika terkena flu, dan juga olahraga yang tidak boleh dilakukan saat terkena flu. Jadi, jangan lagi bermalas-malasan saat sakit. Anda bisa melakukan olahraga ringan tersebut agar lebih cepat sembuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template