Comments

Wednesday, December 4, 2013

Tingkatkan produksi ASI dengan 9 makanan ini

Posted by at 4:49 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/ibu%20hamil

Setelah bayi lahir, hal paling penting yang selanjutnya dilakukan oleh ibu adalah menyusui bayi. Air Susu Ibu (ASI) diketahui lebih bernutrisi dan menyehatkan serta penting bagi perkembangan bayi. Untuk itu, sangat penting bagi ibu untuk mencukupi kebutuhan ASI bayi mereka.

Jika ibu khawatir tak bisa memproduksi cukup ASI untuk bayi mereka, jangan khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu untuk meningkatkan produksi ASI. Berikut adalah beberapa makanan yang mendukung ibu untuk menyusui, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Pepaya

 Enzim dan phytochemical yang ada dalam pepaya dipercaya bisa meningkatkan jaringan payudara dan meningkatkan produksi ASI. Kualitas menenangkan yang ada dalam pepaya juga bisa membuat ibu yang menyusui tetap tenang dan rileks.

2. Oatmeal

 Oatmeal memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan tekanan darah. Selain itu, oatmeal juga bisa membuat ibu tenang dan membantu produksi hormon oxytocin yang nantinya juga bisa mendukung produksi ASI.

3. Bayam

 Bayam yang kaya akan nutrisi adalah sumber vitamin K, A, dan folat yang baik. Folat penting untuk ibu dalam masa kehamilan maupun menyusui. Adanya phytoesterogen dalam bayam juga membantu meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan merangsang produksi ASI.

4. Wortel

Seperti halnya bayam, wortel juga mengandung phytoesterogen yang penting untuk proses menyusui. Wortel juga kaya akan beta-karoten dan vitamin A yang sangat penting untuk meningkatkan energi dari ibu yang menyusui.

5. Asparagus

Asparagus tak hanya nikmat saat disantap dalam sup tetapi juga mengandung banyak serat, asam folat, vitamin A, C, dan K. Semua nutrisi dan vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan dan produksi ASI saat ibu dalam masa menyusui. Selain itu, asparagus juga mengandung asam amino penting yang membantu meningkatkan suplai ASI.

6. Brown rice

 Brown rice kaya akan karbohidrat. Ini bisa membantu meningkatkan energi ibu yang sedang menyusui. Selain itu, mengonsumsi brown rice juga bisa merangsang produksi prolactin yang merupakan hormon kunci dalam produksi ASI.

7. Aprikot

 Aprikot kaya akan serat, vitamin, dan kalsium. Makanan yang kaya kalsium seperti aprikot diketahui sangat baik untuk produksi susu pada ibu yang menyusui. Aprikot juga mengandung tryptophan yang secara alami meningkatkan tingkat prolaktin.

8. Salmon

 Ikan salmon adalah makanan yang penting dikonsumsi oleh ibu menyusui. salmon mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan bayi. Asam lemak ini juga bisa meningkatkan produksi ASI pada ibu. Selain itu, ikan salmon juga membuat ASI lebih berkualitas dan bernutrisi bagi bayi.

9. Air

 Meminum air lebih banyak adalah cara terbaik untuk meningkatkan suplai ASI. Ketika menyusui, cairan dalam tubuh ibu seringkali lebih cepat berkurang. Untuk itu, mengonsumsi lebih banyak air tentu penting untuk menjaga kesehatan ibu, sekaligus meningkatkan produksi ASI.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi oleh ibu untuk meningkatkan produksi ASI. Jika ibu khawatir tak bisa memberikan ASI yang cukup, konsumsi saja sembilan makanan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template