Comments

Friday, December 6, 2013

6 Cara mudah untuk makan lebih banyak buah dan sayur

Posted by at 4:33 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/sayur%20dan%20buah

Tak hanya anak-anak, orang yang sudah dewasa pun terkadang susah makan sayur dan buah. Padahal sayur dan buah mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Jika Anda termasuk orang yang masih sedikit makan buah dan sayur setiap hari, jangan khawatir.

Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar bisa mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak berdasarkan saran dari konsultan nutrisi Heather Mangieri dari American Dietetic Association, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Mulai sejak pagi

Untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur dalam sehari, mulailah untuk mengonsumsi buah dan sayur sejak pagi, seperti mencampurkannya dengan sereal saat sarapan. Anda bisa memasukkan pisang, buah berry, atau buah yang lain pada sereal, atau memasukkan sayuran seperti wortel, buncis, dan lainnya pada omelet saat sarapan.

2. Jangan sembunyikan buah-buahan

 Jangan sembunyikan buah-buahan ketika mencampurnya dengan makanan. Ini akan memberikan dorongan pada anggota keluarga untuk makan buah dan sayur. Anda juga bisa menjadikan sayuran sebagai cemilan, seperti menyediakan stik wortel pada mangkuk untuk dimakan anggota keluarga.

3. Sayuran beku itu baik

 Salah satu cara agar keluarga menikmati makan sayur adalah dengan menyajikannya dalam keadaan beku. Menyajikan sayuran dalam keadaan beku adalah cara paling mudah untuk menyiapkannya. Sayuran beku juga mengandung nutrisi yang sama dengan sayuran segar, menurut Keri Gans, seorang ahli dari American Dietetic Association.

4. Pikirkan sayuran dulu saat memasak

 Sebelum memasak, jangan pikirkan protein, lemak, atau lainnya, namun pikirkan dulu sayuran apa yang akan anda gunakan. Dengan memikirkan masakan berdasarkan dengan sayuran yang akan gunakan, secara otomatis Anda akan memasak lebih banyak sayur dan tak pernah melupakannya dalam masakan Anda.

5. Jus sayur dan buah

Mengonsumsi jus sayur dan buah juga bisa menyehatkan dan membantu Anda serta keluarga membiasakan diri untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Namun sebaiknya perhatikan ukuran dan porsinya. Karena buah dan sayur yang dijus mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan buah dan sayur yang dimakan utuh. Karenanya, Anda perlu memperhatikan porsi ketika mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus.

6. Buat saus buah

 Alih-alih menggunakan selai atau saus buah kemasan yang sudah jadi, Anda bisa mengolah buah-buahan segar untuk dijadikan selai atau saus. Misalkan, Anda bisa menghaluskan buah berry untuk digunakan sebagai saus pada makanan penutup. Atau membuat es krim yang dilengkapi dengan buah-buahan segar di dalamnya. Cara ini akan membuat anak semakin senang makan buah. Namun, perhatikan juga takaran dan porsi buah yang Anda gunakan.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk makan lebih banyak sayur dan buah, serta membiasakan diri untuk makan sayur-sayuran. Mencukupi nutrisi dengan makan sayur dan buah setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template