Comments

Saturday, September 7, 2013

8 Kesalahan saat sarapan

Posted by at 6:04 AM Read our previous post



Sarapan, salah satu jadwal makan yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Sebab sarapan identik dengan risiko rendah terserang diabetes dan obesitas.

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan banyak orang ketika sarapan. Sehingga manfaat kesehatan maksimal dari sarapan tidak bisa didapatkan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.


1. Minum jus

Jus buah memang menyehatkan. Namun jangan jadikan minuman ini sebagai menu sarapan. Sebab jus buah umumnya berkalori tinggi akibat gula yang dilepaskan oleh buah yang dihancurkan.
Daripada minum jus, lebih baik makan buah dan minum air. Selain tidak perlu menghabiskan energi untuk mengolah buah menjadi jus, pilihan menu sarapan tersebut juga jauh lebih menyehatkan.


2. Porsi kecil

Anda akan beraktivitas sepanjang hari. Jadi jangan sampai menikmati makanan dalam porsi kecil. Jika sarapan sedikit, dipastikan perut sudah kelaparan sebelum jam makan siang tiba.
Coba nikmati makanan porsi standar namun penuh protein dan serat. Kedua nutrisi tersebut mampu membuat Anda tetap berenergi dan kenyang tahan lama. Keinginan ngemil pun akan sirna sampai jam makan siang tiba.


3. Makanan manis

Ada kue sisa kemarin di lemari es, sepertinya nikmat sebagai makanan penutup di saat sarapan. Haruskah kue tersebut dimakan? Sebaiknya jangan.
Jika sudah membiasakan diri untuk sarapan, maka biasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat juga. Menikmati kue manis ketika sarapan justru bisa berpengaruh terhadap lingkar pinggang tanpa disadari. Mau hal itu terjadi?


4. Kebanyakan kopi

Beberapa orang juga suka menikmati kopi saat sarapan. Hal itu memang baik dan menyehatkan. Bukan cuma itu, kopi membantu tubuh dan pikiran tetap terjaga setelah bangun tidur.
Meskipun demikian, jangan sampai kebanyakan saat minum kopi di pagi hari. Cukup nikmati satu cangkir saja dan jangan melebihi porsi tersebut. Pasalnya minum kopi terlalu banyak bisa berdampak buruk bagi kesehatan.


5. Sarapan tak sehat

Daripada makan donat, coba siapkan sereal, semangkuk kacang tanah, dan salad untuk sarapan. Meskipun sedikit repot, sarapan sehat akan lebih menguntungkan bagi tubuh.
Lagipula jika ketika sarapan makanan yang dikonsumsi sifatnya tidak sehat, sepanjang hari nanti makanan yang akan dimakan juga cenderung tidak sehat sampai malam. Jadi sebaiknya awali dengan baik sehingga berakhir dengan baik pula.


6. Menyepelekan sarapan

Jangan menganggap sepele sarapan, sebab berbagai penelitian sudah membuktikan bahaya kesehatan dari melewatkan jadwal makan yang satu ini.
Mungkin awalnya membiasakan diri untuk sarapan itu sulit, entah karena sibuk atau buru-buru. Namun sekali terbiasa untuk menjalani sarapan, selamanya kebiasaan sehat tersebut akan tertanam.

7. Porsi terlalu besar

Disebutkan bahwa porsi sarapan kecil tidak dianjurkan. Karena tubuh bisa merasa kelaparan sebelum jam makan siang tiba. Namun ternyata makan siang dalam porsi yang terlalu besar juga sebaiknya tidak dilakukan.
Kebanyakan sarapan justru membuat tubuh mengantuk, sehingga aktivitas yang akan dijalani terasa semakin berat. Jadi daripada menambah porsi, ubah menu sarapan yang lebih mengenyangkan, seperti serat dan protein tinggi.


8. Langsung makan setelah bangun tidur

Setelah bangun tidur, sebaiknya jangan langsung makan. Sebaliknya, cukup minum segelas air putih (lebih baik lagi jika air putih tersebut hangat). Tujuannya adalah mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, dan membersihkan sistem dalam tubuh.

Setelah itu, cobalah berolahraga. Tidak perlu terlalu berat. Cukup 20 menit, kemudian baru nikmati sarapan sehat. Tubuh akan terasa lebih segar dan bugar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template