Comments

Monday, September 16, 2013

6 Risiko kesehatan akibat duduk terlalu lama

Posted by at 5:40 AM Read our previous post

Duduk terlalu lama identik dengan aktivitas fisik yang minim. Sehingga tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit. Bahkan baru-baru ini penelitian juga menyebutkan duduk terlalu lama bisa memicu depresi.
Berikut ini, Huffington Post pun merangkum berbagai risiko kesehatan akibat duduk terlalu lama. Simak selengkapnya.


1. Diabetes

Pada bulan Oktober tahun lalu, peneliti dari University of Missouri menerbitkan hasil riset yang mengklaim bahwa duduk sepanjang hari mampu meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit hati.

2. Kematian

Penelitian lain dalam American Journal of Epidemiology juga menuliskan kalau wanita yang duduk enam jam atau lebih dalam sehari memiliki risiko kematian 40 persen lebih cepat daripada mereka yang cuma duduk kurang dari tiga jam.
Sementara untuk pria, duduk lebih dari enam jam dikaitkan dengan risiko kematian sebesar 18 persen.

3. Memperpendek usia

Peneliti melaporkan risetnya tentang kebiasaan menonton TV dan usia seseorang dalam British Journal of Sports Medicine pada bulan Agustus lalu. Menurut mereka, setiap jam yang dihabiskan seseorang untuk menonton TV, kesempatan bertahan hidup selama 22 menit akan hilang.
Selain itu, jika menonton TV selama enam jam, seseorang sama dengan memperpendek usianya sampai lima tahun.

4. Kanker

Duduk terlalu lama diduga menjadi penyebab 170.000 kasus kanker setiap tahunnya. Kabar baiknya, membiasakan diri untuk berjalan kaki bisa menurunkan risiko serangan penyakit tersebut.
Cukup jalan kaki 30 menit sehari untuk menurunkan risiko kanker akibat kebiasaan duduk terlalu lama.


5. Memperbesar pantat

Menurut peneliti dari Inggris, memberikan beban terhadap bagian tubuh tertentu (seperti pantat) bisa membuat lemak berkumpul di sana sebesar 50 persen.
Itulah sebabnya kenapa kebiasaan duduk terlalu lama juga memicu obesitas. Sebab tekanan tubuh membuat produksi lemak terus meningkat dan berkumpul di area tertentu.


6. Penyakit jantung

Baru-baru ini, penelitian dalam jurnal Medicine and Science melaporkan kalau duduk terlalu lama meningkatkan risiko serangan penyakit jantung hingga 54 persen.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template