Comments

Monday, September 16, 2013

6 Tokoh terkenal ini cari ide di tempat unik

Posted by at 5:59 AM Read our previous post

Ada banyak cara untuk mendapatkan ide, mulai dari jalan-jalan, bermeditasi, liburan, dan lainnya. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa kebanyakan orang sering menemukan ide di dalam kamar mandi. Penelitian pun menjelaskan bahwa berada di kamar mandi bisa meningkatkan kemampuan berpikir inovatif seseorang.
Menemukan ide di tempat yang tak biasa bahkan aneh sebenarnya bukan hal baru. Buktinya, beberapa tokoh terkenal baik di bidang seni maupun ilmu pengetahuan ini juga menemukan ide mereka di tempat yang tak biasa, seperti dilansir oleh Huffington Post

1. Woody Allen

 

Woody Allen adalah seorang aktor, penulis, serta sutradara yang sering dikenal dengan kutipan-kutipannya yang menarik. Allen mengaku sering mendapatkan ide hebat ketika dia sedang mandi. Berada di bawah shower berlama-lama diakui Allen bisa membuat pikirannya lebih encer untuk menghasilkan ide-ide brilian.


2. Archimedes

 

Salah satu momen pencerahan yang paling terkenal dalam sejarah adalah hukum volume yang ditemukan oleh Archimedes. Ya, sejarah juga mencatat bahwa ilmuwan ini berhasil menemukan teorinya ketika sedang berada di bak mandi dan melihat air tumpah dari bak ketika ada benda lain yang masuk ke dalamnya. Dengan cara itu Archimedes berhasil menemukan teori bahwa volume benda padat sama dengan volume cairan yang keluar dari bak mandi. Ilmuwan matematika ini segera berteriak Eureka!

3. Gertrude Stein

 

Gertrude Stein adalah salah satu penulis novel dan puisi asal Amerika yang populer di abad ke-19. Gertrude memiliki cara yang unik dalam menemukan ide untuk tulisannya. Sehari dia hanya menulis sebanyak 30 menit. Saat itu dia akan mengendarai mobilnya di sekitar peternakan dan melihat sapi-sapi yang ada di sana untuk menemukan ide yang hebat. Dia akan memperhatikan sapi yang berbeda-beda hingga menemukan inspirasi.


4. John Lennon

 

Untuk lagunya yang berjudul Being for the Benefit for Mr Kite! John Lennon diketahui mendapatkan ide dari sebuah poster di toko antik. Ketika itu dia dan George Harrison, salah satu anggota The Beatles pergi ke restoran dan memutuskan untuk mampir ke sebuah toko antik. Di sana John Lennon menemukan poster tersebut dan segera menemukan ide untuk membuat lagu Mr Kite! Harrison berpendapat bahwa saat itu John memiliki kepekaan yang tajam hingga semua hal yang ditemuinya bisa menjadi lagu.

5. Nikola Tesla

 

Tesla yang merupakan seorang penemu dikenal dengan banyak ide briliannya. Namun salah satu ide brilian yang dimilikinya justru tak muncul ketika dia ada di laboratorium atau tempat kerja. Ide mengenai arus balik listrik ditemukannya ketika sedang berjalan-jalan santai. Menurut Science Channel, Tesla menggunakan tongkatnya untuk menggambar tentang arus balik listrik pada rekannya.


6. J.K Rowling

 

Semua tentu sudah tahu bahwa Harry Potter merupakan ide brilian yang baru dan menarik. Hal ini dibuktikan dengan popularitas novel dan film Harry Potter yang cukup tinggi dan jumlah fans yang tersebar ke seluruh penjuru dunia. Banyak yang penasaran di mana Rowling bisa menemukan ide untuk novel Harry Potter-nya. Rowling mendapatkannya ketika dia tengah berada di kereta yang penuh sesak. Lucunya, saat itu Rowling tak memiliki kertas atau pena untuk mencatat idenya. Dia juga terlalu malu untuk meminjam dari seseorang, sehingga dia terus mengingat-ingat ide itu selama empat jam perjalanan kereta api agar tak lupa.

Itulah beberapa pengalaman unik yang dimiliki oleh tokoh terkenal di atas mengenai bagaimana mereka bisa mendapatkan ide yang menarik. Ide yang menarik tak bisa dipaksa muncul ketika seseorang terlalu tegang. Jika sedang sulit mendapatkan ide, ada baiknya membiarkan diri santai sejenak dan bebaskan pikiran. Biasanya ide kreatif bisa muncul dengan sendirinya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template