Comments

Wednesday, September 18, 2013

5 Orang buta dengan bakat luar biasa

Posted by at 6:28 AM Read our previous post
Meski telah dianugerahi segala kesempurnaan oleh Tuhan, kita masih kerap mengeluh dan cepat putus asa. Namun, mereka yang terlahir cacat atau menderita penyakit yang akhirnya menyebabkan mereka jadi cacat, masih tetap berjuang untuk meraih mimpi dan tidak gampang menyerah. Daya juang dan semangat mereka sepatutnya dijadikan contoh bagi kita yang terlahir sempurna dan sehat ini agar tidak mudah putus asa dalam menapaki hidup. Berikut adalah lima orang buta dengan bakat luar biasa.

1. Marla Runyan (Pelari)


Ketika berumur 9 tahun, Marla Runyan mengembangkan penyakit Stargardt, suatu bentuk degenerasi makula yang menyebabkan kebutaan. Pada tahun 1987, ia melanjutkan studi di San Diego State University, di mana ia mulai bersaing dalam beberapa program olahraga dan karirnya terus meroket sampai dirinya memenangkan empat medali emas di Paralimpiade Musim Panas 1992. Karirnya sebagai pelari kelas dunia dimulai pada tahun 1999 di Pan American Games, di mana Marla memenangkan lomba lari 1.500 meter. Tahun berikutnya, di Olimpiade Sydney 2000, Marla menjadi atlet buta pertama yang bersaing di Olimpiade.

2. Derek Rabelo (Peselancar)


Derek Rabelo memiliki kondisi fisik tidak seperti rata-rata para peselancar yang biasa kita temui. Derek lahir dengan glaukoma kongenital, namun penyakit itu tidak memupuskan harapan pemuda Brasil itu untuk terus belajar surfing, ketika ia baru berusia tiga tahun. Hingga kini, Derek masih terus menekuni hobinya berselancar di atas ombak nan ganas.

3. John Bramblitt (Pelukis)


John Bramblitt kehilangan penglihatannya pada tahun 2001 ketika ia berusia 30 tahun karena komplikasi epilepsi. Pada awalnya, Yohanes mengatakan bahwa ia awalnya merasa kehilangan harapan dan menderita depresi berat, tetapi kemudian ia menemukan harapannya lagi. Karena John tidak bisa melihat warna, ia telah menciptakan sebuah metode di mana ia dapat melukis dengan sentuhan. Karyanya telah dijual di lebih dari dua puluh negara dan ia telah muncul secara internasional di media cetak, TV, dan radio. Karyanya telah menerima banyak pengakuan, termasuk Most Inspirational Video of 2008 dari YouTube dan tiga Presidential Service Awards untuk seni inovatif.

4. Mark Anthony Riccobono (Pembalap NASCAR)


Pada tanggal 29 Januari 2011, Mark Anthony Riccobono mengendalikan kemudi Ford Escape dan melaju sendirian di Daytona International Speedway. Pada usia 5 tahun, Mark hanya memiliki 10 persen dari kemampuan melihatnya dan kemudian kehilangan penglihatannya secara total ketika dewasa. Kini, sebagai bagian dari program National Federation of the Blind, dia berusaha menunjukkan bahwa orang buta dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat dan mengemudi dengan aman dengan bantuan teknologi baru.

5. Christine Ha (Chef)


Koki akan sangat bergantung pada rasa dan bau saat memasak - terutama jika dia buta, seperti pemenang MasterChef Amerika 2012, Christine Ha. Pada tahun 2004, ia didiagnosis dengan neuromyelitis optica dan secara bertahap mulai kehilangan penglihatannya, dan hampir sepenuhnya buta pada tahun 2007. Christine mengatakan bahwa dia harus bergantung pada inderanya yang lain dalam memasak. Dalam 19 episode kompetisi MasterChef, Christine Ha menang tujuh kali, baik secara individu ataupun tantangan tim.

Inilah lima orang buta yang berhasil menaklukkan keterbatasan melalui semangat dan perjuangan tanpa henti. Semoga kita yang terlahir sempurna dan tidak cacat ini bisa mengikuti jejak mereka dan tidak gampang putus asa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template