Comments

Monday, September 16, 2013

Ciri-ciri orang yang kurang tidur

Posted by at 5:45 AM Read our previous post



Tidur adalah waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat setelah seharian bekerja keras. Sehingga jangan sampai memotong jatah tidur agar tubuh dan pikiran bisa kembali bugar seperti sedia kala. Sebab kurang tidur juga meningkatkan risiko berbagai macam penyakit.

Lantas apakah Anda selama ini juga sering kekurangan jatah tidur? Coba simak ciri-ciri lengkap orang yang kurang tidur seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.


1. Selalu lapar

Meski sudah sarapan dan melakukan aktivitas ringan, tubuh yang selalu merasa lapar mungkin disebabkan oleh kekurangan jatah tidur. Sebab penelitian menyebutkan kalau kurang tidur meningkatkan jumlah hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar.
Jika dituruti, rasa lapar akibat kurang tidur pun akhirnya bisa memicu obesitas atau kelebihan berat badan.


2. Uring-uringan

Terkadang wanita menyalahkan siklus menstruasi bulanan ketika suasana hatinya memburuk. Padahal uring-uringan juga bisa disebabkan oleh kurang tidur.
Menurut sebuah penelitian, kurang tidur meningkatkan emosi negatif sampai 60 persen dari dalam diri seseorang. Jika dibiarkan emosi negatif tersebut bisa memicu berbagai macam penyakit fisik yang berbahaya.


3. Pelupa

Tidak cuma orang tua yang sering dituduh pikun dan mudah lupa. Meski masih muda, siapapun bisa mengalaminya jika tidak memenuhi kebutuhan tidur setiap hari.
Salah satu akibat dari kurang tidur adalah penurunan fungsi kognitif otak. Jadi ketika sering lupa akan suatu hal, coba perhatikan jadwal dan jatah tidur setiap hari. Mungkin kurang tidur adalah penyebab utama dari pelupa.


4. Sering demam

Tidak peduli sedang musim apa, ada orang yang punya kecenderungan untuk terserang demam dalam waktu yang relatif sering. Apa sebabnya?
Jawabannya adalah karena kurang tidur. Pasalnya sebuah penelitian sudah membuktikan kalau orang yang kurang tidur berisiko tiga kali lipat terkena demam.

5. Kikuk

Tak sengaja menumpahkan air minum atau menjatuhkan benda ketika memegangnya? Jika iya, itulah salah satu ciri-ciri orang yang kurang tidur, demikian menurut penelitian.
Peneliti sendiri tidak tahu kenapa orang yang kurang tidur cenderung lebih kikuk. Namun mereka menduga bahwa seseorang yang mengantuk memiliki respon yang sangat lambat sehingga sulit fokus dan mudah kehilangan keseimbangan.


6. Menolak seks

Ciri-ciri orang yang kurang tidur berikutnya adalah kecenderungan untuk menolak ajakan seks dari pasangan. Padahal tubuh dalam kondisi sehat-sehat saja.

Ternyata, kurang tidur bisa meningkatkan hormon cortisol yang memicu stres. Akibatnya, stres meningkat sementara gairah seks justru menurun.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template