Comments

Wednesday, September 25, 2013

Kenali 9 gejala serangan asma

Posted by at 5:33 AM Read our previous post


Asma adalah salah satu gangguan pernapasan kronis yang bisa disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan sekitar. Coba kenali gejala serangan asma seperti yang dilansir dari Mag for Women ini demi mendapatkan pertolongan dengan cepat dan tepat.

Nyeri di bagian dada

Jika Anda sering mengeluh tentang rasa nyeri di bagian dada, segera hubungi dokter. Rasa berat di dada atau sensasi tekanan yang dirasakan bisa jadi salah satu gejala serangan asma.

Batuk terus menerus

Tak banyak orang mengenali batuk sebagai gejala asma. Padahal batuk yang terus menerus dialami dan berujung pada napas pendek merupakan salah satu gejala serangan asma.

Mengi

Mengi adalah suara yang terdengar ketika seseorang bernapas. Biasanya mengi adalah indikasi dari gejala awal serangan asma. Segera hubungi dokter jika Anda mengalaminya.

Sulit bernapas

Entah sedang berbicara atau beraktivitas, apakah Anda tiba-tiba merasa kesulitan bernapas? Jika iya, coba konsultasikan dengan dokter. Jangan-jangan itu adalah gejala serangan asma.

Mudah lelah

Gejala serangan asma berikutnya yang perlu diwaspadai adalah kondisi tubuh yang mudah lelah. Hal ini dikarenakan kurangnya kadar oksigen yang masuk akibat gangguan pada saluran pernapasan.

Iritasi tenggorokan

Saluran pernapasan yang tersumbat lendir bisa memicu iritasi pada tenggorokan. Pada banyak kasus, iritasi pada tenggorokan pun diindikasikan sebagai gejala dari serangan asma.

Sering cemas dan panik

Terlalu sering cemas dan panik terhadap hal-hal kecil juga termasuk gejala serangan asma. Untuk menghindarinya, cobalah agar tetap tenang dan meminta pertolongan dokter.

Bibir dan kuku membiru

Jika warna bibir dan kuku pelan-pelan berubah menjadi biru, artinya gejala serangan asma sudah dalam tahap yang sangat ekstrem. Bantuan dokter harus segera diberikan.

Kehilangan suara

Ini juga termasuk gejala serangan asma yang tergolong parah. Akibat batuk terus menerus, pasien asma cenderung kehilangan suaranya. Bahkan saat berbicara dengan normal, suara akan terdengar sangat serak.
Mewaspadai gejala dari serangan asma sangat penting untuk dilakukan. Sebab dengan begitu Anda bisa mendapatkan pertolongan dengan cepat dan tepat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template