Comments

Wednesday, September 18, 2013

6 Wanita Asia yang menginspirasi dunia

Posted by at 6:09 AM Read our previous post
Jangan berpikir bahwa hanya wanita-wanita Eropa dan Amerika saja yang berhasil melakukan banyak hal dan menginspirasi dunia. Ada banyak wanita Asia yang juga melakukan tindakan hebat dan bisa dijadikan aspirasi bagi semua wanita di dunia.
Meski wanita masih sering dipandang sebelah mata, namun beberapa wanita ini berhasil membuktikan bahwa mereka juga bisa melakukan tindakan nyata dan menginspirasi. Berikut adalah beberapa wanita Asia yang menginspirasi, seperti dilansir oleh All Women Stalk.

1. Malala Yousafzai


Meski usianya masih 16 tahun, namun remaja ini berhasil menjadi inspirasi bagi semua remaja dan orang dewasa di dunia. Malala menjadi sorotan dunia setelah aksinya untuk membela hak wanita dalam mendapatkan pendidikan membuatnya ditembak oleh Taliban di tahun 2012. Di negaranya hanya 12 persen wanita dan anak perempuan yang bisa mengenyam pendidikan. Tak tanggung-tanggung, Taliban menembak Malala di bagian kepala dan membuat gadis ini harus dirawat intensif. Namun Malala berhasil sembuh dan dinominasikan sebagai pemenang Nobel Perdamaian 2013.

2. Corazon Aquino


Wanita istimewa ini dikenal sebagai presiden wanita pertama Filipina. Tak hanya itu, Corazon Aquino juga presiden wanita pertama di Asia. Setelah suaminya dibunuh, Aquino berperan sebagai ketua partai oposisi dan melakukan revolusi terhadap negaranya. Sebagai presiden, dia memberikan kekuatan pada rakyat dan sangat menghargai hak asasi serta kebebasan rakyatnya.

3. Bibi Russell


Desainer asal Bangladesh yang dikenal glamor dan populer ini berjasa dalam mengembangkan ekonomi di negaranya. Setelah lulus dari London College Fashion dan bekerja sebagai model internasional di beberapa merek fashion terkenal seperti Yves Saint Laurent dan Giorgio Armani, dia membuka usaha dan mempekerjakan puluhan ribu penenun di daerah pedesaan Bangladesh. Kesuksesan yang didapatkannya di negeri orang ternyata tak membuatnya lupa pada negaranya sendiri.

4. Sirimavo Banderanaike


Sirimavo adalah Perdana Menteri Sri Lanka selama tiga kali berturut-turut dan merupakan ketua Partai Kebebasan Sri Lanka. Sirimavo berhasil menjabat sebanyak tiga kali hingga tahun 2000 sebelum akhirnya meninggal di bulan Oktober di tahun yang sama. Meski sudah meninggal, namun Sirimavo bisa dijadikan inspirasi sebagai pemimpin negara yang berhasil mendapatkan kepercayaan dari rakyatnya hingga tiga kali masa jabatan.

5. Kapten Durga Banerjee


Salah satu wanita Asia yang menginspirasi dan memiliki pencapaian individu yang cukup hebat adalah Durga Banerjee. Banerjee merupakan wanita pertama yang menjadi pilot di Indian Airline pada tahun 1966. Saat itu, industri penerbangan masih sangat didominasi oleh pria, bahkan hingga saat ini. Dia juga wanita pertama yang berhasil menerbangkan Tornado A-200.

6. Aung San Suu Kyi


Wanita yang satu ini cocok berada dalam daftar wanita Asia yang menginspirasi. Meski menghabiskan sebagian besar masa-masa politiknya sebagai tahanan rumah (sekitar 15 - 21 tahun), dia mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1991. Pada tahun 2007, Aung San Suu Kyi berhasil menjadi salah satu dari empat orang yang mendapatkan penghargaan di Kanada. Dia adalah chairperson dari National League for Democracy (NLD) di Myanmar.
Itulah beberapa wanita Asia yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal pencapaian, keberanian, dan tekad mereka dalam melakukan tindakan yang benar. Semoga para wanita ini bisa menjadi inspirasi bagi semua wanita di dunia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template