Comments

Friday, September 27, 2013

10 Kesalahan orang tua dalam mengasuh anak

Posted by at 5:06 AM Read our previous post


Sebagai orang tua, Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hati Anda. Anda akan melakukan segala cara agar mereka dapat menjadi anak yang baik dan berguna di masa depan. Terkadang sikap orang tua menjadi berlebihan, bukannya membuat anak menjadi nyaman tapi mereka bisa menganggap Anda sebagai musuh. Simak kesalahan orang tua dalam mengasuh anak dilansir magforwomen.

1. Memenuhi semua permintaan anak

Sebagai orang tua Anda tentu perlu menuruti permintaan anak. Tapi jika terlalu sering bahkan sampai pada hal-hal yang bisa mendorong anak untuk bersikap tidak baik itu adalah kesalahan. Anak bisa menjadi sangat manja dan tidak mandiri di kemudian hari.

2. Tidak menghabiskan waktu dengan anak

Yang dibutuhkan anak dari orang tua sejatinya adalah perhatian dan perlindungan. Jika Anda terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan atau urusan pribadi sampai mengabaikan anak, mereka akan merasa kesepian dan bisa salah pergaulan.

3. Kemarahan yang tidak tepat

Terkadang orang tua wajib memarahi anaknya yang berbuat salah. Tapi hal itu harus dilakukan dalam waktu da situasi yang tepat. Sering kali orang tua memarahi anaknya di depan umum atau di depan teman-temannya. Ini akan membuat anak Anda merasa malu dan rendah diri.

4. Memiliki harapan terlalu tinggi

Sebagai orang tua Anda boleh saja memiliki harapan positif pada anak. Tapi tak sedikit orang tua yang memiliki harapan terlalu tinggi sampai-sampai tidak rasional dan sulit diwujudkan oleh anak. Hal ini akan menjadi beban tersendiri pada anak.

5. Membandingkan mereka dengan anak-anak lain

Anak mana yang ingin dibandingkan dengan orang lain. Ingat, potensi tiap anak tentu berbeda. Jika ada anak teman Anda yang pandai menari, bukan berarti anak Anda juga jago menari. Bisa saja anak Anda memiliki bakat di bidang lain.

6. Tidak mendengarkan mereka

Ini yang juga sering dilakukan orang tua pada anaknya. Terkadang anak sering bercerita hal yang mungkin terdengar konyol dan tidak rasional. Namun bukan berarti Anda tidak mendengarkannya. Anda harus mendengarkan apa saja yang dibicarakan oleh anak.

7. Tidak mempraktekkan apa yang Anda katakan

Terkadang banyak orang tua yang suka berkata seperti "Papa rajin bangun pagi" tapi nyatanya tidak demikian. Anda suka bangun di siang hari. Secara tidak langsung Anda sudah membohongi dan memberi contoh yang tidak baik pada anak.

8.Suka berjanji tapi tidak ditepati

Ini dia sikap yang sangat buruk dan dibenci oleh anak. orang tua sering menjanjikan suatu hal kemudian tidak menepatinya Hal tersebut akan membuat si anak kecewa dan tidak percaya lagi pada Anda.

9. Over protektif

Orang tua memang tahu apa yang dibutuhkan anak. Mereka sudah pernah menjadi anak-anak sehingga tahu mana yang terbaik dan yang tidak baik untuk anak. Sehingga mereka jadi over protektif. Sikap ini justru membuat si anak akan membangkang. Jadilah orang tua yang bijak.

10. Tidak menjadi teman mereka

Anda harus bersikap sebagai seorang teman dan membuat mereka merasa nyaman di hadapan Anda. Jangan sampai mereka lebih nyaman dengan teman-temannya dibanding dengan Anda.

Jadilah orang tua yang bijaksana agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template