Comments

Monday, September 16, 2013

7 Mobil kabel terunik di dunia

Posted by at 6:06 AM Read our previous post


Gondola lift atau mobil kabel, adalah jenis angkutan udara yang disokong dan didorong oleh kabel yang terdiri dari sebuah loop kabel baja yang direntangkan antara dua terminal. Kabel ini kemudian didorong oleh bullwheel, yang biasanya dihubungkan pada mesin atau motor listrik. Nah, berikut adalah tujuh mobil kabel paling unik di dunia.


1. Mt. Hood "SkiWay" (Oregon, US)

 

The Ski-Lift Bus adalah bus yang diubah menjadi sebuah gondola, yang digunakan di Mt. Hood, Oregon, antara Government Camp dan Timberline Lodge. Dibangun pada tahun 1956, pada saat itu, The Ski-Lift Bus merupakan trem terpanjang di dunia. Gondola ini dibangun dari kerangka bus kota yang sudah tua dan menggunakan sistem kabel yang dikembangkan oleh para penebang kayu. Trem ini dibuka pada 3 Februari 1956 tetapi hanya bertahan beberapa musim sebelum akhirnya bangkrut. Pada tahun 1961, sistem kabel dan trem secara permanen dihapus dari lereng Gunung Hood.


2. Mount Hua's Cable Car (China)

 

Gunung Hua adalah gunung suci Tao yang terletak di Provinsi Shaanxi, China. Ini adalah salah satu dari Lima Gunung Besar di China. Gunung setinggi 1.997 meter ini juga dikenal sebagai gunung paling terjal di China. Selama bertahun-tahun, banyak orang datang untuk menikmati pemandangan Gunung Hua dengan menaiki transportasi mobil kabel.


3. The Cabrio (Swiss)

 

Dibuka di Swiss, The Cabrio berada di ketinggian 1,2 kilometer di atas permukaan laut. Gondola ini mendaki gunung Stanserhorn dekat kota Lucerne, Swiss. Mobil kabel inovatif ini menawarkan sensasi berdiri di atas geladak bagi wisatawan yang tidak takut ketinggian dan ingin menikmati panorama alam yang lebih jelas. The Cabrio juga merupakan mobil kabel konvertibel pertama di dunia.

4. Kharkiv Lift (Ukraina)

 

Kharkiv Lift dibangun pada tahun 1971. Panjang rute antara dua stasiun pendaratan Gorpark dan Paulus Field adalah 1.385 meter. Naik hingga ketinggian 26 meter (titik tertinggi), mobil kabel Kharkov menawarkan pemandangan yang indah. Gondola ini juga didukung oleh 18 menara dari berbagai ketinggian dan memiliki 124 kabin penumpang ganda.

5. Emirates Air Line (London, Inggris)

 

Lewat gondola ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan dramatis dari cakrawala London. Belum lagi, Anda juga bisa melihat sekilas pemandangan stadion Olympic yang menakjubkan dari atas. Mobil kabel yang melintasi Sungai Thames ini secara resmi diluncurkan oleh Boris Johnson pada Juni 2012, hanya sebulan sebelum Olimpiade London 2012. Walikota London adalah penumpang pertamanya kala itu. Emirates Air Line disponsori oleh maskapai penerbangan Emirates yang berbasis di Dubai, yang telah memberikan kontribusi sebesar 36 juta pound sterling (Rp 629 miliar) untuk proyek kesepakatan selama 10 tahun.


6. Merida, Mobil kabel tertinggi di dunia (Venezuela)

 

The Merida Cable Car (Spanyol: Teleferico de Merida) adalah mobil kabel tertinggi di dunia. Berbasis di di Merida, Venezuela, mobil kabel ini dibangun pada ketinggian 1.640 meter (5.380 kaki). Terminal gondola ini berada di Pico Espejo pada ketinggian 4765 meter (15.633 kaki). Seluruh sistem itu dibuka untuk umum pada tahun 1960.


7. Bondinho (Rio de Janeiro, Brasil)

 

Sugarloaf Mountain (dalam bahasa Portugis, Pao de Acucar), merupakan puncak gunung yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil di ujung Teluk Guanabara di semenanjung yang menjorok ke Samudera Atlantik. Mobil kabel berdinding kaca ini kabarnya mampu menampung 65 penumpang, berjalan sepanjang satu meter dengan rute 1.400 antara puncak Pao de Acucar dan Morro da Urca setiap 20 menit. Garis asli mobil kabel tersebut dibangun pada tahun 1912 dan dibangun kembali sekitar 1972/1973 dan tahun 2008.

Inilah tujuh gondola atau mobil kabel paling unik di dunia. Mana yang menurut Anda paling keren?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template