Comments

Friday, September 27, 2013

8 Kebiasaan yang dapat membuat sakit pungung

Posted by at 5:09 AM Read our previous post


Anda sering merasakan sakit pada bagian punggung secara tiba - tiba? Bisa jadi selama ini Anda telah melakukan kebiasaan di bawah ini tanpa Anda sadari.

Tidur di atas kasur yang terlalu keras

Menurut National Sleep Foundation, kasur yang baik berusia antara 9-10 tahun terhitung sejak saat pertama kali dibeli. Oleh karena itu silahkan cek kasur di rumah Anda. Apakah usianya sudah lebih dari 10 tahun? Kasur yang sudah terlalu tua kehilangan kelenturan dan kelembutannya. Akibatnya lekuk punggung Anda pun seakan-akan harus melawan kasur yang keras tersebut. Hal inilah yang lama-kelamaan akan membuat Anda sakit punggung dan mengganggu kontur tubuh ANda.

Membawa tas punggung terlalu berat

Tas punggung yang terlalu berat akan membuat membebankan total berat tas ke punggung. Akibatnya proporsi tubuh Anda pun menjadi tidak seimbang dan menyebabkan sakit punggung. Oleh karena itu para ahli menyarankan agar berat tas punggung tidak lebih dari 10% berat badan Anda.

Memakai high heels atau flat shoes terlalu lama

Seperti dilansir dari care2.com, sepatu yang mempunyai hak terlalu tinggi tidak baik untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama sebab hak sepatu tersebut akan memaksa Anda untuk melengkungkan punggung dan menempatkan beban berat badan pada sendi Anda. Dan bagi Anda yang memilih memakai flat shoes atau sepatu datar, hal ini juga dapat membahayakan punggung Anda tergantung pada jenis kaki Anda. Sebaiknya sebelum memilih jenis sepatu sesuaikan dahulu dengan jenis kaki Anda agar berat badan Anda dapat terdistribusikan secara merata.

Menahan emosi terlalu lama

Punggung merupakan pusat syaraf yang berhubungan langsung dengan keadaan emosi Anda. "Emosi, otot dan pikiran yang tegang secara tidak langsung dapat mengirimkan sinyal rasa sakit pada punggung," jelas James W. Carson, seorang peneliti dari Duke University Medical Center.

Duduk terlalu lama

Bisa jadi ini merupakan kabar buruk bagi pekerja kantoran yang duduk lebih dari 8 jam sehari. Kebiasaan ini menyebabkan otot punggung melemah karena tidak aktif. Duduk juga menempatkan tekanan 40% lebih banyak pada tulang belakang dibandingkan pada saat Anda berdiri.

Stres

Ketika Anda stres, seluruh tubuh Anda termasuk otot-otot leher dan punggung menjadi tegang dan tertekan. Tekanan inilah yang lama-kelamaan akan menyebabkan rasa sakit.

Kurang berolahraga

Olahraga membuat seluruh otot termasuk otot punggung menjadi lemas. Oleh karena itu sebaiknya Anda meluangkan waktu 10-20 menit untuk melakukan olahraga ringan setiap hari.

Mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan

Sama dengan anggota tubuh lain, otot dan tulang punggung memerlukan asupan gizi yang baik agar terhindar dari gejala osteoarthritis. Hindarilah mengonsumsi makanan tidak sehat yang tinggi lemak dan kolesterol agar terhindar dari penyakit di atas.

Punggung adalah pusat syaraf di dalam tubuh manusia. Hindarilah kebiasaan di atas agar Anda terhindar dari penyakit punggung yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template