Comments

Monday, September 16, 2013

7 Rempah menyehatkan yang sering digunakan dalam masakan

Posted by at 5:33 AM Read our previous post

Rempah dapur umumnya digunakan dalam masakan untuk menambah aroma dan cita rasa. Setidaknya ada tujuh rempah paling menyehatkan yang sering digunakan dalam masakan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari US News berikut ini.

Cabai

Menurut berbagai penelitian, cabai kaya akan vitamin A, menurunkan kolesterol, melawan radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun. Cabai pun sering digunakan untuk memasak berbagai macam masakan tradisional Indonesia sampai kuliner luar negeri.

Oregano

Rempah ini sering digunakan dalam masakan modern seperti pizza dan salad. Meski hanya dipakai sedikit, namun satu sendok teh oregano ternyata kaya akan vitamin K, serat, dan antioksidan. Oregano juga dikenal sebagai agen anti bakteri pada tubuh.

Kunyit

Warna kuning pada hidangan nasi kuning bisa diperoleh dari kunyit. Selain memberikan warna yang cantik dan aroma yang khas, kunyit ternyata menyehatkan. Rempah ini ampuh menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit autoimun.

Kayu manis

Secangkir teh dengan bubuk kayu manis adalah hidangan lezat dan menyehatkan di pagi hari. Bahkan penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi kayu manis karena mampu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Bawang putih

Hampir setiap masakan menggunakan bawang putih sebagai penyedap makanan. Tahukah Anda, bawang putih bukan cuma beraroma harum tetapi juga mengandung banyak manfaat. Misalnya melawan demam, menyehatkan jantung, mencegah inflamasi, dan sumber selenium yang baik.

Jahe

Jahe terkenal sebagai pereda sakit perut dan mual saat hamil. Jahe pun biasanya dikonsumsi sebagai minuman atau penyedap dalam masakan. Jika sedang kedinginan, minum jahe hangat bisa memberikan sensasi melegakan sekaligus menyehatkan.

Cocoa

Cocoa atau bubuk cokelat bisa diolah menjadi minuman panas atau bahan baku kue. Khasiat sehat dari cocoa adalah flavonoid yang telah terbukti dalam penelitian mampu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi.

Itulah berbagai rempah menyehatkan yang sering digunakan dalam masakan. Sudah pernah mengonsumsi semuanya?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template