Comments

Sunday, September 22, 2013

5 Tradisi unik dan menyeramkan di dunia

Posted by at 6:09 AM Read our previous post

Setiap daerah memiliki tradisi yang didasarkan pada kebudayaan setempat. Meski kadang terdengar aneh dan ekstrem, penduduk setempat meyakini bahwa ritual dalam tradisi tersebut dapat membawa nasib baik bagi kehidupan mereka. Berikut adalah lima tradisi unik dan menyeramkan di dunia.

1. Sun Dance

Sun Dance adalah sebuah ritual keagamaan atau festival yang juga dikenal sebagai "thirsting dance". Ritual suci yang dilakukan oleh sekelompok besar pribumi di Amerika Utara ini (suku Plains) berusaha untuk menunjukkan seberapa besar keberanian yang mereka miliki. Para wanita akan menari selama festival berlangsung (bahkan sampai empat hari) tanpa berhenti untuk istirahat, minum atau makan. Para pria harus menancapkan tusuk besi yang diikat di dada dan menempatkan ujung tali di atas sebuah tiang tinggi. Para pemuda itu akan membuktikan keberanian dan ketahanan tubuh mereka melalui ritual tersebut.

2. Sarung tangan berisi semut peluru

Suku Satere Mawe di Amazon memiliki ritual ekstrem yang dilakukan dengan cara memasukkan tangan ke dalam sebuah sarung tangan berisi sekawanan Paraponera Clavata atau juga dikenal sebagai semut peluru. Semua ini dinamakan demikian karena satu gigitannya saja terasa seperti tembakan. Pria dari suku? Satere Mawe harus memakai sarung tangan itu selama 30 menit dan membiarkan tangan mereka digigit oleh semut. Namun, mereka tidak boleh hanya sekali memakainya, melainkan sampai 25 kali berturut-turut.

3. Ritual umat Hindu di Tamil Nadu

Di bagian selatan India, umat Hindu di Tamil Nadu merayakan pengabdian mereka kepada kelahiran Dewa Murugan dan kematian Soorapadman, roh pendendam, dengan tombak. Mereka melakukan ritual ini dengan menindik seluruh tubuh mereka, termasuk lidah. Seiring berjalannya waktu, ritual ini kemudian berubah menjadi lebih dramatis, penuh warna, dan berdarah, yakni dengan menggunakan tombak besar dan kait besi yang ditempel di dada dan wajah.

4. Penyaliban di Filipina

Fanatik Katolik Roma di Filipina melakukan ritual ekstrem dengan memaku tubuh mereka di kayu salib. Meski terlihat ekstrem dan mengerikan, ritual itu kini menjadi salah satu atraksi wisata yang menarik di Filipina. Mereka yang ingin melakukan penebusan dosa akan melakukan penyaliban di depan ribuan orang dengan menggunakan kostum layaknya Yesus.

5. Memumifikasi diri sendiri

Tersebar di seluruh Utara Jepang, di sekitar Prefektur Yamagata, terdapat dua lusin mumi biarawan Jepang yang dikenal dengan sebutan Sokushinbutsu. Sokushinbutsu memumifikasi diri mereka sendiri dengan melakukan teknik tertentu. Praktik ini pertama kali dirintis oleh seorang kepala biara bernama Kuukai lebih dari 1000 tahun yang lalu di kompleks candi Gunung Koya di prefektur Wakayama.

Kuukai adalah pendiri Shingon - sekte Budha - yang merupakan sekte yang muncul dengan ide pencerahan melalui hukuman fisik. Konon ratusan biksu, sebagaimana dilansir amusingplanet, telah mencoba praktik mumifikasi tersebut, tetapi hanya ada 16 dan 24 mumi yang berhasil ditemukan hingga kini.

Proses mumifikasi ini cukup rumit, dimulai dengan diet 1.000 hari. Selama masa itu, para biksu hanya akan makan makanan tertentu yang terdiri dari kacang-kacangan dan biji-bijian untuk melucuti semua lemak di tubuh mereka. Mereka kemudian hanya makan kulit dan akar selama seribu hari selanjutnya dan mulai minum teh beracun yang dibuat dari getah pohon Urushi, yang biasanya digunakan untuk pernis mangkuk.

Racun ini menyebabkan muntah dan hilangnya cairan tubuh dengan cepat, dan yang paling penting, itu membuat tubuh terlalu beracun untuk dimakan oleh belatung. Sampai pada tahap ini, seorang biarawan akan mulai memumifikasi tubuhnya sendiri dengan mengunci dirinya dalam kubur batu yang hampir tidak lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Inilah lima ritual unik dan menyeramkan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat di dunia. Meski terdengar menakutkan dan aneh, setiap daerah tentu memiliki adat-istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Namun ingat, perbedaan ada bukan untuk dijadikan permusuhan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template