Comments

Sunday, September 22, 2013

Empat bayi jumbo pernah tercatat di rekor dunia

Posted by at 5:20 AM Read our previous post

Mahluk mungil dalam perut ibu biasanya disesuaikan dengan jalan keluar sang ibu sehingga beratnya hanya sekitaran tiga kilogram. Paling besar tercatat 6,1 kilogram di Jerman lewat persalinan normal. Namun ini belum seberapa dibandingkan dengan bayi-bayi raksasa pernah tercatat di rekor dunia.
Berat mereka hingga tiga kali lipat berat bayi biasa meski sekarang belum diketahui pasti nasib keempat bayi-bayi ini sekarang namun salah satunya memang sudah meninggal 11 jam setelah dilahirkan.
Dilansir dari guinessworldrecord.com ini dia empat bayi jumbo pernah dilahirkan. Berikut ulasannya.

1. Bayi lahir normal 11 kilogram

Pada 3 Juni 1961 sebuah laporan datang ke meja rekor dunia telah lahir seorang bayi seberat 11 kilogram lewat persalinan normal. Bayi ini milik ibu bernama Sadaat Cor asal Turki. Ini bayi terberat sejagat.

Namun ulasannya soal bayinya baru ada pada 1978 di sebuah kantor berita besar di Turki. Meski demikian tidak ada bukti kuat mengenai hal ini. Namun banyak masyarakat bersaksi bayi ini memang ada.

2. Bayi lahir normal 10,2 kilogram

Salah satu bayi terberat dalam sejarah rekor dunia yakni 10,2 kilogram dilahirkan di Amerika Serikat secara normal. Bayi belum diberi nama itu meninggal 11 jam kemudian.

Dia lahir dari kedua orang tua asal Inggris mengalami gejala sindrom raksasa (gigantisme) bernama Anna Swan dan Martin Van Buren.

Kejadian ini berlangsung pada 19 Januari 1879.

3. Bayi 10,2 kilogram lewat persalinan normal

Christina Samane asal Afrika Selatan pada 2002 dilaporkan juga melahirkan anak lelaki dengan berat 10,2 kilogram lewat persalinan normal. Nama bayi itu belum diketahui.

Sempat dicatat dalam rekor dunia namun gelar ini dicabut lantaran bayi itu mengalami sindrom disebut weaver syndrome yang memang memungkinkan bayi tumbuh dua kali lebih besar dari biasanya.

4. Bayi seberat 7,57 kilogram lewat operasi caesar

Pada 18 Januari 2005 di Kota Salvador, Brasil, seorang perempuan bernama Francisca Ramos dos Santos melahirkan bayi seberat 7,57 kilogram lewat operasi caesar.

Bayi itu sempat mendapat perawatan lantaran mempunyai kadar gula tinggi bisa menyebabkan fungsi tubuh mati sebelah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template