Comments

Monday, September 16, 2013

Mata sering berkedut? Ini alasannya

Posted by at 5:14 AM Read our previous post

Mata berkedut atau disebut juga myokyma adalah hal yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Terkadang penyebabnya bisa dideteksi seperti alergi atau kelelahan. Namun di saat lain, penyebab kedutan benar-benar menjadi sebuah misteri.

Namun tak usah khawatir, Dr Jeremy Fino dari Los Angeles menjelaskan bahwa sembilan dari 10 kasus kedutan tidak berbahaya. Berikut adalah beberapa penyebab kedutan yang bisa jadi belum Anda ketahui, seperti dilansir oleh Shine!

1. Stres

Stres adalah salah satu alasan terbesar mata kedutan. Biasanya seseorang bisa mengalami kedutan hingga satu minggu jika mereka mengalami masalah atau sedang memikirkan hal yang mengganggu mereka seperti ujian atau lainnya. Biasanya kedutan akan berhenti sendiri ketika stres sudah berakhir.

2. Kafein atau alkohol

Banyak ahli yang percaya bahwa zat dalam kafein dan alkohol bisa menyebabkan mata berkedut, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Jika Anda seringkali mengalami kedutan ketika terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein sebaiknya kurangi. Jika tidak konsumsi lebih banyak air putih untuk meredakannya.

3. Kekurangan mineral

Kekurangan mineral dan nutrisi yang tak seimbang juga bisa menyebabkan mata berkedut. Coba perhatikan kadar magnesium yang Anda konsumsi, jika tidak anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi makanan seperti bayam, almond, dan lainnya untuk menghentikan kedutan.

4. Mata kering

Mata kering juga bisa menyebabkan mata kedutan. Mata kering biasanya disebabkan oleh lensa kontak, mata yang semakin tua, atau obat-obatan. Anda bisa menemui dokter untuk mengatasi mata kering atau bertanya apakah obat tertentu menyebabkan mata kering untuk mengatasinya.

5. Mata lelah

Kedutan juga bisa terjadi ketika mata lelah. Biasanya seseorang terlalu lama melihat komputer, membaca, atau tidak mengenakan kacamata hitam di bawah matahari. Beri waktu mata untuk beristirahat agar kedutan cepat hilang.

6. Masalah kesehatan lain

Jika hal-hal di atas bukan penyebab mata kedutan, bisa jadi penyebabnya adalah penyakit lainnya. Mata kedutan juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit lain yang lebih serius, kebanyakan berkaitan dengan saraf seperti Parkinson atau lainnya. Sebaiknya periksakan diri Anda ketika kedutan mata semakin parah dan tak wajar.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mata kedutan. Beberapa di antaranya tidak serius dan bisa diobati dengan cepat. Namun beberapa harus diperiksakan ke dokter untuk berjaga-jaga adanya penyakit lain yang lebih berbahaya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template