Comments

Monday, September 16, 2013

Cara atasi nyeri tangan akibat terlalu lama pakai smartphone

Posted by at 5:32 AM Read our previous post


Entah itu SMS-an atau Twitter-an, tangan dan jari-jari memang bisa terasa begitu nyeri jika terlalu lama memakai smartphone. Punya pengalaman serupa? Coba atasi nyeri tersebut dengan cara seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.


1. Mengompres tangan

Gunakan air hangat atau es batu untuk mengompres tangan yang nyeri akibat terlalu lama pakai smartphone. Cara ini cukup ampuh mengatasi nyeri pada tangan dengan cara membuat otot lebih rileks.
Jika sakit yang dirasakan lebih dari satu minggu, penggunaan kompres air panas atau hangat lebih disarankan. Sementara nyeri yang akut dan tak tertahankan sebaiknya dikompres dengan handuk dingin karena panas justru bisa membuat bagian yang terluka lebih sakit.


2. Mengistirahatkan tangan

Sekarang, coba istirahatkan tangan dengan cara berbaring di kasur. Pertama, letakkan tangan dalam posisi memanjang dan telapak menghadap ke atas. Kemudian tarik telapak tangan ke arah bawah pada tepi tempat tidur.
Peregangan ini berfungsi untuk membuat otot-otot lebih rileks dan tidak kaku. Sebab biasanya nyeri tangan dipicu oleh kekakuan otot akibat berada dalam posisi yang sama dengan waktu yang relatif lama.


3. Memijat tangan

Kali ini, Anda butuh bantuan orang lain untuk mengatasi nyeri tangan akibat terlalu lama pakai smartphone. Sebab harus ada pijatan yang dilakukan pada tangan.
Pijatan yang diberikan pun tidak perlu berlebihan. Cukup gunakan jari-jari dan lakukan gerakan memijat secara perlahan-lahan sampai tangan terasa nyaman.


4. Posisi 'berdoa'

Lakukan peregangan tangan dalam posisi seolah sedang berdoa (seperti di gambar). Tahan selama beberapa detik untuk membuat otot meregang dan mengurangi rasa sakit.


5. Peregangan ke belakang

Berikutnya, coba lakukan peregangan tangan dalam posisi memanjang dan telapak menghadap ke atas. Kemudian tarik telapak tangan ke arah bawah.
Posisi ini mirip dengan cara kedua (mengistirahatkan tangan). Namun kali ini Anda harus menarik telapak tangan lebih keras agar otot semakin meregang.


6. Peregangan ke bawah

Kali ini, letakkan tangan dalam posisi memanjang dan telapak menghadap ke bawah. Lalu tarik telapak tangan ke bawah secara perlahan-lahan. Rasakan sensasi tarikan dan kenyamanan ketika otot meregang.


7. Peregangan ke atas

Terakhir, setelah meregangkan tangan ke bawah, tarik telapak ke atas. Namun pada dasarnya, ketika tangan mulai nyeri akibat terlalu lama memakai smartphone, Anda hanya perlu berhenti sejenak.
Jika sakit tak kunjung reda, Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut atau bahkan merelakan gadget atau smartphone sepenuhnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template