Comments

Tuesday, November 12, 2013

Kenali 9 tanda kehamilan sehat

Posted by at 4:21 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/ibu%20hamil

Kesehatan ibu dan janin dalam kandungan memang harus selalu dijaga. Namun apakah Anda mampu mengenali tanda kehamilan yang sehat? Coba simak daftarnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Mual dan muntah

Jangan khawatir jika ibu hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Menurut dokter, hormon adalah penyebab kondisi ini dan mual termasuk fenomena yang normal terjadi.

Payudara mengencang

Hampir 90 persen wanita mengalami kondisi payudara yang semakin kencang dan padat selama hamil. Ini adalah tanda bahwa produksi ASI sudah dimulai dan kehamilan berjalan lancar.

Tekanan darah normal

Bagaimana dengan tekanan darah? Sebaiknya tekanan darah pada trimester pertama dijaga agar tetap normal sebagai salah satu syarat untuk menjalani kehamilan yang sehat.

Perubahan perut

Perut yang kian membesar juga termasuk salah satu tanda kehamilan sehat. Dokter pun biasanya memeriksa perubahan perut yang terjadi untuk memastikan kesehatan ibu dan janin.

Pertumbuhan janin

Wajar jika ibu hamil mengalami gerakan di dalam rahim pada minggu ke-15 kehamilan. Ini adalah tanda bahwa kehamilan berjalan lancar dan sehat.

Kadar hormon

Kadar hormon estrogen dan progesteron yang stabil adalah indikasi lain dari kehamilan sehat. Jika kadar keduanya sama-sama rendah, ibu hamil rentan mengalami keguguran.

Berat badan bertambah

Berat badan berperan penting dalam proses kehamilan sehat. Setidaknya ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 10-20 kg selama hamil.

Minum air cukup

Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi demi menjaga kehamilan sehat. Sebab minum air cukup mampu mencegah kaki kram dan penggumpalan darah.

Makan sehat

Beberapa ibu hamil mungkin akan kehilangan nafsu makan ketika memasuki trimester pertama. Namun sebaiknya konsumsi makan sehat tetap dijaga demi menjaga kesehatan ibu dan janin.

Itulah berbagai tanda kehamilan yang sehat. Jika ada yang tidak beres pada tubuh, sebaiknya segera hubungi dokter.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template