Comments

Friday, November 1, 2013

Rambut semakin sering rontok di usia tua, normalkah?

Posted by at 10:31 PM Read our previous post

Salah satu masalah penampilan yang diwaspadai oleh wanita adalah semakin menipisnya rambut dan semakin banyaknya rambut yang rontok seiring dengan bertambahnya usia. Bagi wanita, kehilangan banyak rambut tentunya bisa menjadi masalah serius yang mempengaruhi kepercayaan dirinya.

Lantas, apakah kehilangan banyak rambut seiring bertambahnya usia adalah hal yang normal? Ya, rambut yang semakin sering rontok di usia tua adalah hal yang wajar. Ketika beranjak tua, rambut wanita akan semakin sering rontok karena beberapa alasan di bawah ini, seperti dilansir oleh Times of India (23/10).

1. Masalah hormon
Perubahan hormon selama kehamilan dan menopause biasanya menjadi penyebab rambut semakin menipis. Sebenarnya rambut mengalami tingkat kerontokan yang sama dengan sebelumnya, namun tingkat pertumbuhan rambut tidak secepat ketika masih muda. Hal ini menyebabkan rambut terlihat semakin tipis.

2. Bergantung musim
Perubahan musim juga bisa menyebabkan rambut lebih cepat rontok. Biasanya rambut akan mudah rontok di bulan November dan Desember ketika rambut telah mencapai puncak pertumbuhannya.

3. Stres atau sakit
Rambut rontok juga disebabkan oleh stres dan sakit yang dialami oleh wanita. Keadaan lainnya seperti penurunan berat badan yang terlalu banyak, kekurangan zat besi, serta masalah tiroid juga bisa menjadi penyebab rontoknya rambut.

4. Bahan kimia
Bahan kimia yang digunakan pada rambut selama bertahun-tahun bisa menunjukkan efek sampingnya di usia tua. Jika kalian sering mewarna rambut atau menggunakan produk yang mengandung bahan kimia dalam waktu yang lama, kemungkinan rambut kalian akan lebih mudah rontok saat tua. Hal ini juga berlaku pada perawatan rambut yang salah seperti terlalu banyak menggunakan pelurus atau pengeriting rambut.

Itulah beberapa penyebab rambut sering rontok di usia tua. Sebenarnya karena pertumbuhan rambut yang melambat, penipisan rambut dan banyak rambut rontok di usia tua adalah hal yang wajar terjadi. Untuk mengatasinya, konsumsi vitamin dan suplemen zat besi. Selain itu rawat rambut dengan baik dan kurangi penggunaan produk berbahan kimia dan alat-alat penata rambut yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template