Comments

Tuesday, August 27, 2013

20 Buah yang paling populer menangkal penyakit

Posted by at 5:42 AM Read our previous post


Para ahli nutrisi selalu menyarankan agar kita mengonsumsi buah dan sayuran segar setiap hari demi menjaga kesehatan. Namun setidaknya ada buah-buahan yang sering disebut dan cukup populer di antara yang lain dalam menangkal penyakit secara alami.

Apa saja buah-buahan tersebut? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

1. Raspberry

Setengah cangkir raspberry hanya mengandung 32 kalori. Buah ini kaya akan asam ellagic dan antioksidan yang menangkal kanker serviks, kerongkongan, dan usus besar.
Jika sedang diet, makan buah ini juga sangat dianjurkan. Sebab raspberry punya kemampuan mempercepat metabolisme yang membakar lemak dalam tubuh.


2. Apel

Ada istilah yang menyebutkan 'an apple a day keeps the doctor away' yang artinya makan apel setiap hari mampu menjauhkan Anda dari penyakit. Hal itu memang tidak berlebihan. Sebab apel mengandung flavonoid yang menurunkan risiko diabetes dan asma.
Satu buah apel pun hanya mengandung 75 kalori. Bukan cuma itu, apel dianjurkan untuk dimakan tanpa dikupas. Sebab kulit apel memiliki senyawa yang mendukung penurunan berat badan.

3. Blackberry

Warna hitam pada blackberry berasal dari antioksidan bernama anthocyanin yang menurunkan risiko stroke dan kanker. Bahkan ekstrak buah ini menghentikan sel kanker paru-paru sepenuhnya.
Setengah cangkir blackberry mengandung 21 kalori. Tak jauh berbeda dengan raspberry yang juga bisa dinikmati sebagai camilan sehat ketika berusaha menurunkan berat badan.

4. Pir

Satu buah pir mengandung 96 kalori. Meskipun sedikit lebih banyak dari apel, namun pir memiliki kadar serat yang sangat tinggi yang mampu mencegah sembelit.
Serat dalam buah pir bersifat larut dalam air. Khasiat lain dari serat tersebut adalah menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

5. Nanas

Setengah cangkir nanas sama dengan 40 kalori. Meski tergolong rendah kalori, nanas mengandung enzim alami bernama bromelain yang memecah protein untuk melancarkan pencernaan.
Bromelain juga berperan dalam mencegah penggumpalan darah, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan mempercepat penyembuhan luka.


6. Anggur

Ada senyawa khusus bernama resveratrol yang terdapat dalam anggur. Senyawa itu merupakan antioksidan yang menurunkan tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah.
Secangkir buah yang hanya mengandung 53 kalori tersebut juga memiliki kemampuan dalam menghentikan penyebaran sel kanker payudara, lambung, dan usus besar.

7. Tomat

Sumber terbaik dari lycopene - antioksidan yang menurunkan kolesterol dan melawan kanker prostat stadium sedang - adalah tomat. Namun tidak seperti buah lain yang disarankan untuk dinikmati dalam bentuk segar, kadar lycopene justru semakin banyak ditemukan ketika tomat sudah diolah dalam bentuk masakan.
Satu buah tomat hanya mengandung 22 kalori. Jika tak suka dimakan segar, Anda bisa menikmatinya dalam bentuk jus.

8. Mangga

Murah, mudah didapat, dan menyehatkan, itulah buah mangga. Meskipun begitu, buah ini kaya antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin yang melindungi kesehatan mata dan menurunkan risiko kebutaan pada manula.
Setengah buah mangga memiliki 54 kalori. Sayangnya buah ini konsumsinya perlu dibatasi bagi penderita diabetes karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

9. Lemon

Satu buah lemon berukuran sedang setidaknya hanya mengandung 17 kalori. Makan lemon biasanya dikaitkan dengan menurunkan risiko diabetes, sembelit, tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, dan gangguan kesehatan lainnya.
Jus lemon juga terbukti mampu menyembuhkan batu ginjal. Sebab senyawa sitrat dari lemon mencegah formasi kristal yang memicu batu ginjal.

10. Kiwi

Buah eksotis yang satu ini bisa mengandung 56 kalori. Kiwi juga memiliki kadar vitamin C dari jeruk yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan gusi.
Kiwi sebenarnya bisa dimakan seluruhnya, termasuk kulit dan biji. Jadi lain kali ketika menikmati kiwi, jangan membuang bagian tersebut.

11. Alpukat

Setengah buah alpukat mengandung 114 kalori. Meskipun relatif tinggi dibandingkan dengan buah yang lain, namun kadar kalium dalam alpukat dua kali lebih banyak daripada pisang.
Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat ampuh menurunkan kadar kolesterol. Karena lemak tersebut, ibu juga dianjurkan membiasakan diri memberikan alpukat pada bayi demi menjaga pertumbuhan dan perkembangan anak.

12. Jeruk

Kaya akan folat yang menurunkan risiko bayi lahir cacat, itulah buah jeruk. Buah ini juga mengandung senyawa hesperidin yang menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol.
Bagian putih atau serat-serat pada buah jeruk pun bisa dimakan. Meskipun rasanya terkadang sedikit pahit, bagian tersebut kaya akan vitamin C. Satu buah jeruk mengandung 62 kalori.

13. Grapefruit

Grapefruit sama sekali tidak mirip anggur. Buah ini justru masih satu keluarga dengan jeruk. Setengah buah grapefruit biasanya mengandung 52 kalori.
Untuk nutrisi, grapefruit memiliki lycopene dan flavonoid. Keduanya ampun menangkal beberapa jenis kanker. Grapefruit juga kaya pectin, serat yang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

14. Pisang

Satu buah pisang sedang disamakan dengan 105 kalori. Buah yang satu ini terkenal akan kandungan kaliumnya yang berfungsi menurunkan tekanan darah.
Beberapa orang dengan kondisi alergi terhadap karet latex sayangnya juga cenderung alergi dengan pisang.

15. Cherry

Setengah cangkir cherry mengandung 46 kalori. Antioksidan di dalam cherry yang paling menonjol adalah anthocyanin. Bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang jenis buah yang lain. FUngsinya adalah menurunkan inflamasi dan meredakan nyeri akibat radang sendi.
Sayangnya, vitamin C dalam cherry akan banyak menghilang jika dipanaskan. Jadi buah cherry sebaiknya dinikmati dalam bentuk segar.

16. Blueberry

Setengah cangkir blueberry mengandung 41 kalori. Buah ini dianggap sebagai antioksidan nomor satu jika dibandingkan dengan 60 buah dan sayuran segar lainnya.
Blueberry punya khasiat menurunkan risiko penurunan kognitif otak atau penyakit Parkinson dan Alzheimer.

17. Strawberry

Setengah cangkir strawberry memiliki 23 kalori. Sama seperti blueberry, buah yang satu ini juga kaya akan antioksidan dan berperan sebagai anti inflamasi.
Beberapa khasiat strawberry di antaranya adalah mencegah pembekuan pembuluh darah arteri dan menekan pertumbuhan tumor yang memungkinkan untuk berubah menjadi kanker.

18. Pepaya

Satu lagi buah yang murah, mudah didapat, dan penuh gizi yang bisa dinikmati. Adalah pepaya yang setengah cangkir porsinya sama dengan 59 kalori.
Pepaya memiliki papain, enzim yang melancarkan pencernaan. Fungsi lain dari pepaya adalah menguatkan sistem imun dan menjaga kesehatan kulit.
Biji dari pepaya sebenarnya bisa dimakan. Rasanya cukup pedas dan biasanya dijadikan alternatif sebagai pengganti merica.

19. Semangka

Buah yang 92 persennya terdiri dari air ini memiliki kandungan 23 kalori dalam setengah cangkir. Karena kalorinya cukup rendah, buah semangka cocok dinikmati oleh pelaku diet.
Bagian putih dari semangka dan bijinya sama-sama bisa dimakan. Namun sebagian orang biasanya tidak suka dan membuangnya.

20. Persik

Satu buah persik sedang mengandung 58 kalori. Buah ini kaya akan vitamin A yang mendukung kesehatan sistem imun dan melawan infeksi.

Itulah seluruh buah yang yang paling populer menangkal penyakit. Apakah Anda sudah pernah mengonsumsi semuanya? Setidaknya nikmati salah satu buah tersebut setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template