Comments

Wednesday, August 14, 2013

Kenali 5 penyebab gusi berdarah

Posted by at 7:44 PM Read our previous post



Anda melihat darah saat menyikat gigi? Dalam kebanyakan kasus, gusi bengkak dan berdarah merupakan tanda penyakit gusi. Namun, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan masalah gusi. Apapun alasannya, Anda tetap harus merawat kesehatan gusi dan mulut. Berikut adalah penyebab dari gusi berdarah, seperti dilansir howstuffworks!

1. Kebersihan mulut yang buruk

Kebersihan mulut yang buruk menjadi penyebab utama dari gusi bengkak dan berdarah. Kebersihan mulut tidak hanya dilakukan dengan menyikat gigi, karena itu tidak akan menghapus semua plak, tartar dan kalkulus yang terakumulasi pada gigi Anda.

2. Radang gusi

Gingivitis atau radang gusi, adalah salah satu penyebab dari gusi bengkak dan berdarah. Itu berarti gusi Anda sedang meradang. Namun, jika masalah kesehatan ini tidak ditangani dengan serius, gingivitis bisa menjadi penyakit serius. Ini adalah kondisi kronis yang disebabkan oleh efek jangka panjang dari plak - bahan lengket yang berasal dari bakteri, lendir dan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi - dan karang gigi.

3. Kehamilan atau perubahan hormonal

Gusi menjadi lebih sensitif saat hamil. Ini disebut gingivitis kehamilan, dan itu disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi dan jaringan lain di tubuh. Hormon-hormon kehamilan juga mempengaruhi respon normal tubuh terhadap bakteri, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi periodontal.

4. Penyakit periodontal

Penyakit periodontal terjadi ketika gingivitis tidak diobati dengan baik. Sementara gingivitis terbatas hanya pada gusi, penyakit periodontal bisa menyebar ke jaringan dan tulang yang mendukung gigi. Anda bahkan juga dapat melihat nanah di antara gigi dan gusi.

5. Gangguan pendarahan

Salah satu penjelasan yang paling serius bagi gusi berdarah adalah gangguan pendarahan, seperti idiopatik thrombocytopenic purpura. Gusi berdarah bisa menjadi tanda ketidakmampuan darah untuk membeku, sehingga gusi dan mulut seringkali menjadi tempat pertama di mana gejala itu muncul.

Inilah lima alasan medis di balik gusi berdarah. Ingat, kebersihan mulut juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template