Comments

Monday, August 26, 2013

6 Makanan kaya serat yang sering diabaikan

Posted by at 5:27 AM Read our previous post


Tubuh manusia membutuhkan serat untuk kesehatan pencernaan. Untuk memenuhi kebutuhan akan serat, setidaknya orang dewasa harus mengonsumsi 25 gram serat setiap harinya. Sementara itu, anak-anak memiliki kebutuhan serat 19 - 25 gram setiap hari.
Jika tak yakin di mana untuk mendapatkan serat, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung banyak serat berikut ini, seperti dilansir oleh Huffington Post

1. Kacang

Semua orang berpikir bahwa serat hanya bisa didapatkan melalui sayuran dan buah-buahan, serta biji-bijian. Padahal kacang-kacangan adalah makanan yang juga bisa memberikan banyak asupan serat.
Jessica Crandall seorang ahli diet dan juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa seperempat cangkir kacang almond mengandung 4 gram serat. Meski begitu, Crandall tak menyarankan untuk hanya mengonsumsi almond. Kacang-kacangan yang lain juga mengandung asupan seratnya masing-masing, serta nutrisi penting lainnya.

2. Kacang polong beku

Makanan yang banyak mengandung serat namun tak banyak dikonsumsi orang adalah kacang polong beku. Secangkir kacang polong beku mengandung empat gram serat dan ini sangat mudah untuk didapatkan.


3. Benih chia

Benih chia adalah makanan yang kaya serat karena mengandung serat larut dan tak larut. Satu sendok makan chia saja mengandung serat sebanyak enam gram. Crandall menyarankan untuk menambahkan benih chia pada minuman seperti es teh hingga biji chia mekar karena menyerap cairan. Anda juga bisa menaburkan benih chia pada yogurt, otameal, atau mencampurnya dengan salad.


4. Bawang merah

Bawang merah berukuran sedang mengandung serat sebanyak dua gram, namun ini uga bergantung pada jenis bawang merah. Crandall menjelaskan bahwa bawang merah mengandung inulin, serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Inulin biasa digunakan untuk memproduksi suplemen serat. Selain bawang merah, makanan seperti asparagus juga kaya serat dan bisa melancarkan pencernaan.

5. Kiwi

Kebanyakan orang tak pernah membayangkan kiwi ketika bicara tentang serat. Padahal kiwi mengandung dua gram serat yang manis. Selain itu, kiwi juga bisa mengenyangkan dan mudah dicerna tubuh. Mengonsumsi kiwi sebagai cemilan tentu bisa memberikan asupan serat yang baik untuk tubuh. Selain kiwi ada buah lain yang juga bisa memberikan asupan serat, seperti raspberry yang mengandung 8 gram serat per cangkir.

6. Apel

Anda tentu sudah famliar dengan buah apel. Namun mungkin Anda belum mengetahui bahwa apel mengandung banyak serat. Satu buah apel diketahuio emngandung empat gram serat. Mengonsumsi satu apel setiap hari tentu memberikan asupan serat yang cukup besar bagi Anda.

Itulah beberapa makanan kaya serat yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari konsumsi makanan-makanan di atas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template