Comments

Tuesday, August 20, 2013

Kenali 10 gejala stroke

Posted by at 5:46 AM Read our previous post



Stroke terjadi ketika aliran darah dari tubuh ke otak mengalami penurunan akibat penggumpalan atau pendarahan. Namun sebelum stroke menyerang, biasanya ada beberapa gejala yang bisa dijadikan panduan agar stroke bisa ditangani lebih cepat. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari ABC News berikut ini.

Pandangan kabur

Stroke bisa membuat pandangan kabur atau bahkan hilang sama sekali. Sayangnya gejala ini sering diabaikan oleh banyak pasien stroke dan tidak menganggapnya sebagai indikasi stroke.

Sulit bicara

Stroke bisa mengganggu keterampilan mengekspresikan diri sendiri dan memahami ucapan. Ketika seseorang salah mengeja kata atau sulit berbicara, itu termasuk gejala stroke.

Lengan atau kaki lemas

Saat terserang stroke, biasanya lengan atau kaki atau keduanya tiba-tiba lemas dan mati rasa. Coba angkat tangan kanan dan kiri secara sejajar dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas selama 10 detik. Jika salah satu lengan terjatuh, artinya otot mengalami pelemahan yang merupakan gejala dari stroke.

Hilang keseimbangan

Jika Anda pusing, mual, dan sulit berjalan serta kehilangan keseimbangan, orang-orang mungkin berpikir Anda sedang mabuk. Namun pusing tiba-tiba itu sebenarnya adalah gejala stroke.

Nyeri

Nyeri pada dasarnya bukan gejala yang selalu muncul pada penderita stroke. Tetapi jika nyeri muncul di bagian lengan, kaki, atau setengah bagian dada atau wajah, Anda patut waspada.

Sakit kepala tak tertahankan

Sakit kepala yang tiba-tiba menyerang dan tak tertahankan memang menyakitkan. Namun kondisi tersebut rupanya juga termasuk salah satu gejala umum dari stroke.

Ekspresi wajah

Ekspresi wajah yang mengalami pelemahan juga merupakan gejala dari stroke. Sebab biasanya ahli medis meminta pasien tersenyum sambil menunjukkan gigi. Jika tak ada gerakan, artinya Anda terkena stroke.

Kelelahan

Meski tidak melakukan aktivitas berat, tubuh yang terkena stroke akan menunjukkan gejala lelah berlebihan. Selain itu, perubahan mental juga terjadi pada penderita stroke.

Cegukan

Cegukan memang menyebalkan. Selain itu, cegukan juga termasuk indikasi bahwa seseorang terkena stroke. Sebab stroke memengaruhi fungsi otak yang mengurus pernapasan, khususnya pada wanita.

Kehabisan napas

Apakah Anda sangat sulit bernapas meski tidak sedang berlari atau melakukan aktivitas fisik? Jika iya, bisa jadi Anda terkena stroke. Penelitian juga menyebutkan wanita lebih sering mengalami gejala ini.
Itulah gejala stroke yang perlu diketahui dan diwaspadai. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template