Comments

Monday, August 26, 2013

6 Ide jenius namun nyeleneh dari 'Iron Man'-nya dunia nyata

Posted by at 5:20 AM Read our previous post



Sebagai sosok jenius, Elon Musk sering menjadi guyonan banyak orang. Hal ini dikarenakan banyak ide-idenya yang futuristik namun tak masuk akal.
Hanya saja, Elon Musk sepertinya menganggap selentingan miring tersebut sebagai angin lalu. Terbukti, dirinya pun kemudian mewujudkan sendiri ide-ide barunya seputar teknologi yang dipastikan menggemparkan dunia.
Memang, Elon Musk ini bisa dibilang sebagai Tony Stark-nya dunia nyata. Selain menjadi filantropis, Musk juga memiliki otak encer yang mampu menciptakan berbagai benda berteknologi tinggi yang belum pernah dibuat ahli kebanyakan.
Kira-kira, benda nyeleneh berteknologi apa saja yang pernah muncul dari otak jeniusnya? Simak ulasannya yang berhasil dirangkum Space.com berikut ini:

1. PayPal

Kekayaan Elon Musk yang didapatkannya saat ini bersumber dari ciptaannya di akhir milenium pertama. Saat itu, dirinya mendirikan layanan keuangan bernama X.com.
Di tahun 2000, X.com merger dengan Confinity yang kemudian berganti nama menjadi PayPal. Lewat PayPal inilah namanya menanjak dan pundi-pundi uangnya bertambah.
Meskipun sekarang sudah banyak layanan sejenis, PayPal masih dikonsiderasikan sebagai yang terbaik. Sehingga, layanan e-commerce besar dunia pun pasti mensyaratkan PayPal sebagai perantara transaksi keuangan antara penjual dan pembeli.


2. Jet luar angkasa pribadi

Terbang ke luar angkasa adalah mimpi semua orang. Namun, selama ini hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjadi astronot.
Oleh karenanya, di 2002 Elon Musk punya ide yang juga nyeleneh. Dia membangun sebuah perusahaan penyedia jalur penerbangan ke luar angkasa bagi yang menginginkannya. Perusahaan ini dinamainya SpaceX.
SpaceX pun menjadi biro perjalanan luar angkasa pertama yang bisa mampir ke International Space Station, markas internasional badan antariksa dunia di luar angkasa. Selain itu, SpaceX kemudian menjadi langganan NASA untuk beberapa misi ringan yang menggunakan roket tak berawak Dragon.
Saat ini sendiri, SpaceX sedang menggarap sebuah roket baru bernama Grasshopper. Ini merupakan roket yang bisa digunakan terus menerus dan diharapkan mampu menekan biaya terbang ke luar angkasa.

3. Kuasai Mars

Musk pernah bercita-cita mengirim astronot ke Mars dalam 10-20 tahun mendatang. Di November kemarin, dirinya pun sesumbar bahwa planet merah tersebut nantinya bisa menjadi rumah bagi 80 ribu orang.
lagi-lagi misi ini diharapkannya bisa dilakukan oleh SpaceX. Setidaknya, dengan biaya USD 500 ribu per terbang, SpaceX bisa mengantarkan siapa saja menuju Mars.
"Tujuan besar kami adalah Mars, dan selalu begitu," terang Musk.

4. Mobil Listrik Tesla

Sejak lama, Musk memang tertarik membuat sebuah mobil dengan bahan bakar listrik. Oleh karenanya, dirinya pun mendirikan Tesla, sebuah perusahaan produsen supercar listrik.
Yang unik dari Tesla adalah desain mobilnya yang futuristik dan elegan. Hal ini guna menghapus stigma negatif seputar bentuk mobil listrik yang itu-itu saja.
Sayangnya, perkembangan Tesla saat ini masih tersendat karena sedikitnya peminat. Hal ini yang membuat nama Musk menjadi bahan guyonan banyak orang di AS.


5. Energi terbarukan

Selain mobil listrik, energi terbarukan tanpa bahan bakar fosil juga menjadi perhatian Musk. Dirinya pun kemudian membangun SolarCity untuk mendalami minatnya ini.
Perusahaan ini mendesain dan memasang berbagai sistem yang sehat dan ramah energi untuk rumha, kantor, dan berbagai tempat lainnya. Dibangun sejak 2006, SolarCity kini sudah beroperasi di 14 negara bagian di AS.


6. Hyperloop

Hyperloop merupakan salah satu moda transportasi masa depan yang saat ini masih dalam bentuk konsep saja.
Dilansir Ubergizmo (12/8), sebagai moda transportasi masa depan, kecepatan dan efisiensi waktu menjadi salah satu faktor utama yang diandalkan Hyperloop ini. Hyperloop diklaim dapat mengantar penumpang dari San Francisco ke Los Angeles yang berjarak puluhan kilo meter dengan hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja.
Berdasarkan lansiran tersebut, untuk membangun satu unit transportasi masal Hyperloop ini nantinya dibutuhkan dana sekitar USD 6 juta atau Rp 61 miliar dengan jangka pembangunan sekitar 7 sampai 10 tahun.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template