Comments

Tuesday, August 27, 2013

8 Makanan langka dengan harga selangit

Posted by at 6:00 AM Read our previous post

Kedelapan makanan eksklusif ini tergolong langka dan susah didapatkan. Seringkali harga makanan-makanan ini menjadi sangat mahal karena tingkat kelangkaan produk. Akibatnya, hanya mereka yang berkantong tebal saja yang bisa menikmati kedelapan makanan ini. Yuk simak delapan makanan langka dengan harga selangit.

1. Safron

 

Safron adalah jenis rempah-rempah paling terkenal dari India. Meskipun safron bukan tergolong tanaman dapat tumbuh dan dipanen di seluruh dunia, jenis rempah ini berasal dari bunga safron yang membutuhkan perawatan rumit, misalnya untuk mendapatkan 16 ons safron dibutuhkan sekitar 50.000 hingga 75.000 bunga safron. Harga safron pun berkisar antara USD 500 (Rp 5,3 juta) sampai 50.000 (Rp 536 juta) per pon (16 ons).

2. Semangka dansuke

 

Semangka dansuke adalah jenis semangka hitam yang dijual dengan harga selangit. Bahkan, buah ini telah dinobatkan sebagai semangka termahal di dunia. Satu buah semangka dansuke bisa dibanderol hingga USD 6100 atau sekitar Rp 65 juta. Jenis semangka ini hanya tumbuh di Jepang utara, Pulau Hokkaido, dan biasanya diberikan sebagai hadiah istimewa untuk seseorang.


3. Melon yubari 

 

Melon yubari adalah salah satu buah termahal yang dapat Anda temukan di Jepang. Ini menjadi jenis melon termahal yang pernah ada di bumi. Pasalnya, satu buah melon yubari bisa dibanderol antar a USD 60 (Rp 643.500) sampai 150 (Rp 1,6 juta). Namun hebatnya, pada tahun 2008, dua Yubari melon berhasil dilelang dengan harga USD 26.000 atau sekitar Rp 278 juta. Jenis melon ini tumbuh di Yubari, Hokkaido, sebuah kota kecil yang dekat dengan Sapporo. Melon ini memiliki bentuk bulat yang sempurna dan kulit yang halus. Rasa manis dari melon yubari kabarnya berasal dari kadar abu vulkanik yang tinggi dalam tanah.


4. Jamur matsutake 

 

Jamur matsutake dijual dengan harga mulai dari USD 90 (Rp 965.250) sampai 905 (Rp 9,7 juta) per pon. Ini menjadi salah satu makanan yang sangat berharga di Jepang selama berabad-abad dan hanya bisa ditemukan pada jenis pohon pinus tertentu di Jepang, Korea dan China dan beberapa tempat lain di dunia. Jamur ini membentuk hubungan simbiosis dengan akar pohon pinus dan tidak pernah tumbuh lebih dari satu kali di tempat yang sama. Menariknya, jamur ini memiliki rasa pedas, beraroma tajam dan berdaging tebal seperti jamur portobello.

5. Kobe beef

 

Kobe beef mengacu pada potongan daging sapi yang berasal dari sapi wagyu yang diternakkan di Prefektur Hyogo, Jepang. Sapi wagyu diternakkan sesuai aturan yang ditetapkan oleh Kobe Beef Marketing & Distribution Promotion Association. Daging sapi ini terkenal dengan kelembutan dan kelezatan dagingnya. Kobe beef umumnya dihidangkan sebagai steak, sukiyaki, shabu-shabu, sashimi, teppanyaki, dan masih banyak lagi. Fillet kobe beef seberat 200 gram dibanderol hingga USD 100 atau sekitar Rp 1 juta. Wow mahal amat ya!


6. Kaviar

 

Secara tradisional, istilah kaviar mengacu pada telur ikan sturgeon liar yang berasal dari Laut Kaspia dan Hitam. Kaviar termasuk dalam daftar makanan mewah yang biasa dipasang sebagai hiasan di makanan atau dessert. Pada 2012, kaviar dijual seharga USD 2.500 (Rp 26 juta) per pon, atau USD 3.000 (Rp 32 juta) hingga USD 5.500 (Rp 58 juta) per kg.


7. Truffle putih

 

Truffle putih atau Trifola d'Alba (Tuber magnatum) berasal dari daerah Langhe dan Montferrat di wilayah Piedmont di Italia utara. Truffle putih yang paling terkenal berasal dari pedesaan di sekitar kota-kota Alba dan Asti. Di Italia, jenis truffle ini juga dapat ditemukan di Molise, Abruzzo, dan di perbukitan di sekitar San Miniato, di Tuscany. Pada tahun 2001, truffle putih dijual antara USD 2000-4500 USD (Rp 21,4-48 juta) per kg; per Desember 2009, truffle putih dijual seharga USD 14.000 (Rp 150 juta) per kg.


8. Sup sarang burung

 

Salah satu makanan paling langka dan dicari di dunia ini adalah sup sarang burung walet. Sup sarang burung telah dikonsumsi di China selama lebih dari 400 tahun terakhir. Sarang ini dilarutkan dalam air untuk membuat sup gelatin yang bergizi dan sehat. Ini menjadi produk binatang paling mahal yang dikonsumsi oleh manusia. Di Hong Kong, semangkuk sup sarang burung dijual seharga sampai USD 30 (Rp 321.750). Sarang burung walat dibanderol mulai dari USD 910 (Rp 9,7 juta)sampai USD 4535 (Rp 48,6 juta). Air liur walet juga diyakini memiliki banyak gizi, sifat obat dan sebagai afrodisiak.

Inilah delapan makanan langka dengan harga selangit di dunia. Tertarik untuk mencobanya?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template