Comments

Tuesday, August 20, 2013

Kenapa perusahaan menolak pelamar yang 'sempurna'?

Posted by at 5:00 AM Read our previous post



Beberapa pelamar dianggap terlalu 'sempurna' atau overqualified oleh perusahaan, sehingga mereka akhirnya justru ditolak. Kira-kira apa alasannya? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari US News berikut ini.

Tak bisa membayar

Perusahaan biasanya berasumsi bahwa pelamar yang memiliki kemampuan dan kualitas yang jauh lebih tinggi daripada syarat lamaran membuat mereka menginginkan gaji yang lebih tinggi pula. Sehingga daripada mengeluarkan uang yang banyak, perusahaan akhirnya menolak pelamar yang terlalu 'sempurna'.

Tidak paham pekerjaan

Meskipun 'sempurna' dan sebelumnya menduduki jabatan tinggi di tempat kerja lama, pelamar juga bisa ditolak karena perusahaan khawatir mereka tidak paham dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Takut bosan

Perusahaan juga kerap berpikir kalau pelamar yang overqualified bisa-bisa akan merasa bosan dengan pekerjaan barunya yang sama sekali tidak menantang.

Dibandingkan dengan manajer

Jika pelamar begitu 'sempurna' dan memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak daripada manajernya, hal itu juga dikhawatirkan akan menurunkan produktivitas bekerja karyawan. Sehingga perusahaan akhirnya memutuskan untuk menolaknya.

Segera berhenti

Alasan terakhir kenapa perusahaan menolak pelamar yang 'sempurna' adalah mereka khawatir karyawan akan segera berhenti begitu saja ketika melihat kesempatan dan tawaran baru yang lebih baik di tempat lain.
Lantas bagaimana jika Anda juga tergolong overqualified dan berusaha mengejar pekerjaan yang ada di perusahaan tertentu? Salah satunya adalah meyakinkan perusahaan bahwa Anda tidak akan melakukan hal-hal yang dikhawatirkan oleh mereka, meskipun jaminannya memang sama sekali tidak ada.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template