Comments

Thursday, August 22, 2013

Ciri-ciri orang yang suka begadang

Posted by at 5:37 AM Read our previous post


Begadang bukan cuma buruk bagi kesehatan, tetapi juga bisa merusak penampilan. Kebiasaan begadang pun identik dengan bangun kesiangan, sehingga tubuh justru semakin lemas sepanjang hari.
Apakah Anda juga termasuk orang yang suka begadang? Jika iya, mungkin ada memiliki ciri-ciri seperti yang dilansir dari Daily Mail ini.

1. Mudah lapar (dan mudah gendut)

Jika orang-orang yang suka bangun pagi lebih rajin untuk sarapan, berbeda dengan mereka yang bangun kesiangan karena telah begadang. Karena tidur terlalu malam, orang yang suka begadang pun cenderung malas sarapan dan suka ngemil tengah malam.
Akibatnya? Kebiasaan melewatkan sarapan dan ngemil sembarangan pun membuat orang yang suka begadang lebih mudah lapar sekaligus meningkatkan berat badan.


2. Cenderung mendengkur

Sebuah penelitian menyebutkan kalau pola makan orang yang suka begadang juga memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuhnya. Pengaruh kolesterol jahat itu ternyata melebar sampai kebiasaan mendengkur ketika tidur. Kenapa bisa begitu?
Rupanya lemak di sekitar leher mengganggu saluran pernapasan. Sehingga begadang juga bisa memicu kondisi apnea tidur - napas berhenti selama 10 detik ketika tidur.


3. Ingatan buruk

Ketika tidur, otak bekerja untuk memilah memori mana yang harus disimpan dan dibuang. Tetapi akibat begadang, kinerja otak tersebut terganggu. Itulah sebabnya kenapa orang-orang yang suka begadang banyak yang mudah lupa dan ingatannya sangat buruk.

4. Pegal-pegal

Tidur juga merupakan cara tubuh 'menyembuhkan' organ dalam dan luar yang terlalu letih. Sekitar pukul empat pagi, tubuh yang berada dalam keadaan bangun dan sadar mengeluarkan molekul anti inflamasi yang menurunkan rasa sakit dan pegal.
Jika orang yang suka bangun pagi bisa mendapatkan manfaat tersebut, mereka yang begadang justru melewatkan kesempatan 'penyembuhan' gratis dari tubuhnya. Sehingga badan akan tetap pegal-pegal dan kesakitan.

5. Mudah depresi

Selain mengontrol nafsu makan dan memori, tidur juga mengatur kerja hormon. Jika jadwal tidur maupun bangun begitu terlambat, hormon-hormon pun akan terganggu.
Akibatnya, orang yang suka begadang mungkin menikmati aktivitasnya di malam hari, tetapi mereka berisiko besar terserang depresi.

6. Beranjak tua

Kabar baiknya, semakin tua, seseorang punya kecenderungan untuk membiasakan diri bangun lebih pagi meski dulunya sangat suka begadang.
Selain itu, sebaiknya orang-orang yang suka begadang berpasangan dengan mereka yang rajin bangun pagi. Namun jangan mengkritik cara tidur mereka. Sebab tidur di awal dan bangun pagi-pagi bukan berarti tanda bahwa seseorang tersebut malas atau membosankan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template