Comments

Thursday, August 22, 2013

9 Hal mengejutkan yang merampas rasa kantuk

Posted by at 5:40 AM Read our previous post


Bukan cuma kopi yang membuat Anda tetap terjaga. Sebab ternyata ada banyak hal mengejutkan lain yang bisa merampas rasa kantuk. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Tidur di akhir pekan

Biasanya, seseorang suka tidur terlalu malam dan bangun kesiangan di akhir pekan. Padahal pola tidur yang tidak beraturan seperti itu bisa mengganggu kebiasaan tidur di hari Senin dan seterusnya. Akibatnya, setelah akhir pekan berakhir, mata tak juga terpejam meski ingin tidur cepat.

Bulan purnama

Sebuah penelitian membuktikan kalau banyak orang sulit tidur, kurang tidur, dan butuh waktu yang lebih lama agar bisa tertidur ketika bulan purnama.

Terlalu dingin atau panas

Kamar sebaiknya tetap sejuk agar Anda bisa tidur nyenyak. Jadi coba nyalakan AC atau kipas angin ketika udara begitu gerah. Namun terlalu dingin ternyata juga bisa merampas rasa kantuk.

Tidak pakai kaus kaki

Beberapa orang merasa tidak nyaman jika tidak memakai kaus kaki ketika tidur. Sebab kaki yang hangat juga bisa menjadi salah satu pendukung tidur yang berkualitas.

Terlalu sepi

Tidur dalam keadaan ramai tentu sangat sulit. Tetapi terlalu sepi ternyata juga bisa merampas rasa kantuk. Setidaknya harus ada sedikit suara bising demi membuat Anda mengantuk dan tidur pulas, misalnya saja detak jam dinding.

Takut gelap

Meski seseorang terbiasa tidur dengan lampu dimatikan, namun ketika kegelapan total menyerang karena listrik padam, kebanyakan orang akan terbangun dan sulit tidur lagi. Secara tidak sadar, rasa takut gelap merampas rasa kantuk Anda.

Makan malam berupa daging

Hal mengejutkan berikutnya kenapa mata sulit terpejam di malam hari adalah karena konsumsi daging. Sebab kandungan protein dalam daging membuat sistem pencernaan bekerja lebih lama dan membuat Anda semakin sulit tidur.

Terlalu lelah

Ketika lelah, tidur seharusnya bisa jadi jawaban untuk meredakan pegal. Tetapi terlalu lelah justru merampas rasa kantuk karena tubuh masih waspada akan hal-hal di sekitar.

Berbagi tempat tidur

Entah itu pasangan, saudara, atau binatang peliharaan, semuanya juga bisa merampas rasa kantuk karena gerakan atau suara yang dibuat.

Itulah berbagai hal mengejutkan yang merampas rasa kantuk. Ciptakan suasana kamar yang nyaman demi memaksimalkan jatah tidur Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template