Comments

Thursday, August 22, 2013

7 Alasan berkeringat baik untuk tubuh

Posted by at 6:34 AM Read our previous post



Keringat yang bau dan lengket seringkali membuat banyak orang tak nyaman. Padahal kenyataannya keringat yang lengket dan bau itu bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Berkeringat, selama tidak berlebihan, justru penting untuk kebugaran.
Berikut adalah beberapa manfaat berkeringat untuk kesehatan, seperti dilansir oleh Shine

1. Meredakan rasa sakit

Sering merasa pegal dan sakit di beberapa bagian tubuh? Melakukan olahraga dan berkeringat bisa meredakan rasa sakitnya. James Ting, M.D dari Hoag Orthopedic Institute di Irvine menjelaskan bahwa olahraga merangsang munculnya zat kimia pada otak yang berujung pada produksi endorfin. Hormon ini memiliki fungsi sebagai pereda rasa sakit alami.

2. Membersihkan kotoran pada kulit

Ketika berkeringat, pori-pori akan terbuka lebar dan mengeluarkan kotoran yang menyumbat di dalamnya, ungkap Whitney Bowe, ahli kulit dari Birarcliff Manor, New York. Namun setelah berkeringat jangan lupa membersihkan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit sehingga kulit akan tetap bersih.

3. Mengeluarkan racun dari tubuh

Anda tak perlu repot-repot menyiapkan jus untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Cukup lakukan olahraga dan berkeringatlah. Beberapa ahli percaya bahwa keringat bisa mengeluarkan racun yang disebabkan oleh alkohol, kolesterol, atau garam pada tubuh.

4. Mengontrol mood yang labil

Memiliki mood yang labil dan berubah-ubah, mungkin ini saatnya untuk olahraga. Olahraga dan berkeringat akan memberikan perasaan nyaman dan santai sehingga menurunkan ketegangan dalam otak serta membuat mood Anda lebih baik. Berkeringat secara tak langsung juga mengatur temperatur tubuh dan berkaitan dengan bagian otak yang berhubungan dengan mood.

5. Mencegah flu dan infeksi

Penelitian di Eberhard-Karls-University di jerman menunjukkan bahwa keringat manusia mengandung antimikroba alami yang disebut desmcidin. Antimikroba ini diketahui bisa menangkal flu atau infeksi lain, bahkan bisa melawan kuman tuberkulosis.

6. Menjaga temperatur tubuh

Mengeluarkan keringat membantu tubuh mengontrol suhu di dalam dan luar. Mengeluarkan keringat bisa mencegah manusia merasa kepanasan ketika berolahraga. Jika seseorang tak bisa berkeringat ketika berolahraga, maka dia bisa mengalami pusing hingga pingsan karena suhu tubuh yang tak terkontrol.

7. Menurunkan risiko batu ginjal

Sebuah penelitian di University of Washington menemukan bahwa olahraga secara teratur bisa mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium pada tulang. Jika kurang olahraga dan tak pernah berkeringat, garam dan kalsium bisa masuk ke ginjal dan urin yang nantinya bisa menyebabkan batu ginjal. Orang yang sering berkeringat juga lebih banyak minum air sehingga baik untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Itulah beberapa manfaat berkeringat untuk tubuh. Jadi, jangan meremehkan keringat yang berbau dan lengket di tubuh Anda, karena itu sangat bermanfaat untuk kesehatan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template