Comments

Thursday, August 22, 2013

Diet sehat ternyata bikin tubuh jadi lemas?

Posted by at 6:09 AM Read our previous post



Menjalani pola makan sehat - seperti mengonsumsi buah dan sayuran segar - rajin berolahraga, dan menghindari kebiasaan buruk, ternyata bisa membuat tubuh jadi lemas. Kenapa bisa begitu? Simak alasannya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Tidak ngemil

Jika tubuh tidak terisi makanan lebih dari dua jam, gula darah akan menurun drastis dan energi pun ikut terkuras. Jadi coba biasakan diri untuk ngemil setiap dua jam sekali agar energi tetap terjaga. Hanya karena takut gendut, ngemil tidak perlu sepenuhnya dihindari. Sebab camilan sehat bisa dinikmati berupa buah-buahan segar.

Sarapan roti

Sarapan, salah satu jadwal makan yang membantu program diet berjalan lancar. Tetapi jika tubuh tetap lemas meski sudah sarapan, mungkin menu sarapan harus diubah. Daripada menikmati roti untuk sarapan, sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung serat dan protein, seperti telur, kacang, sayuran, dan buah-buahan.
 
Sayuran yang salah

Pada dasarnya semua sayuran memang menyehatkan. Tetapi jika ingin menjalani diet sehat sekaligus menghindari tubuh lemas, nikmati sayuran yang tepat. Misalnya brokoli, kubis, kembang kol, dan kale. Semua sayuran tersebut punya efek menjaga pasokan energi pada tubuh.

Menghindari daging merah

Bagi pelaku diet vegetarian, konsumsi daging memang biasanya dihindari. Namun sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Sebab tubuh lemas biasanya merupakan indikasi bahwa seseorang menderita kekurangan zat besi.

Kekurangan karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang memang perlu dibatasi ketika menjalani diet sehat. Akan tetapi jangan sampai meninggalkan karbohidrat sepenuhnya. Sebab konsumsi karbohidrat sangat penting untuk menjaga fungsi kognitif otak.

Itulah beberapa alasan kenapa diet sehat bisa membuat tubuh jadi lemas. Sebaiknya perbaiki lagi pola makan Anda agar hal itu tidak terjadi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template