Comments

Tuesday, August 27, 2013

Jaga kesehatan pencernaan dengan 6 cara alami ini

Posted by at 5:31 AM Read our previous post


Mencerna makanan adalah hal yang dilakukan tubuh kita, bahkan tanpa kita sadari. Semua makanan yang dikonsumsi manusia pasti akan dicerna terlebih dahulu untuk diserap nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Namun sayangnya, kesehatan sistem pencernaan bisa berkurang seiring dengan usia. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk menjaga kesehatan pencernaan, seperti dilansir oleh CBS News


1. Hindari karbohidrat olahan dan gula olahan

Karbohidrat olahan dan gula olahan memang memiliki rasa yang menggugah selera, namun makanan ini tak baik untuk kesehatan pencernaan. Produk ini bisa berakibat buruk pada pertumbuhan bakteri lambung. Selain itu, gula juga diketahui bisa menyebabkan mood berubah-ubah dan menyebabkan berat badan mudah naik. Gula juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena diabetes.


2. Produk bebas gluten

Gluten adalah salah satu bentuk protein yang terdapat dalam pati dan tepung dari beberapa jenis serealia, seperti gandum dan lainnya. Meski gluten bisa membuat makanan lebih elastis dan enak dimakan, namun gluten bisa berbahaya bagi orang yang memiliki masalah pencernaan, celiac disease, atau sensitif terhadap gluten. Jika Anda memiliki masalah-masalah ini sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.


3. Konsumsi lebih banyak makanan probiotik

Makanan probiotik meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam tubuh. Hal ini baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, kembung, dan kolesterol tinggi. Beberapa makanan dikenal dengan manfaat probiotiknya seperti yogurt, keju lembut, dan lainnya. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 

4. Jangan makan berlebihan

Saat liburan memang saat yang sering membuat orang 'kalap' dan menambah porsi makanan mereka. Jangan biasakan hal ini. Anda harus selalu mengawasi porsi makanan Anda dan membatasinya. Porsi yang terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut, mulas, dan refluks asam pada pencernaan.

5. Kurangi konsumsi kafein

Ini bisa jadi sulit bagi beberapa pecinta kopi. Kopi memang memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan tubuh, namun kopi dan minuman lain yang mengandung kafein bisa menyulitkan organ pencernaan dan laring. Jika Anda tak bisa menghindari kopi sama sekali, sebaiknya konsumsi satu cangkir dengan makanan. Jangan meminumnya ketika perut kosong.

6. Jangan stres

Yang terakhir adalah dengan menjaga pikiran tetap tenang dan bebas stres. Stres dan sistem pencernaan bisa sangat berhubungan lho! Itulah mengapa tak heran ketika beberapa orang yang merasa grogi atau takut seringkali merasa ingin pergi ke kamar mandi. Stres yang berlebihan juga bisa mempengaruhi dan berdampak buruk bagi kesehatan sistem pencernaan. Untuk itu, jaga pikiran Anda agar tetap tenang dan hindari stres untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Itulah beberapa cara alami dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Coba lakukan beberapa tips di atas dan rasakan perbedaannya pada kesehatan pencernaan Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template