Comments

Thursday, August 22, 2013

10 Makanan yang paling sulit dicerna

Posted by at 5:31 AM Read our previous post



Beberapa jenis makanan memang memiliki rasa yang sangat lezat, tetapi justru buruk bagi pencernaan. Sebab makanan tersebut ternyata sulit dicerna oleh lambung atau usus dan memicu kondisi kesehatan yang tidak nyaman.
Lantas apa saja makanan yang paling sulit dicerna itu? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Fit Sugar berikut ini.

Es krim

Makanan kombinasi produk susu dan berlemak tinggi ini sering dianggap sebagai penyebab kembung dan gangguan pencernaan, terutama bagi penderita intoleransi laktosa yang tubuhnya tidak mampu mencerna senyawa pada produk susu.

Kacang merah

Meski kaya serat dan protein, ada senyawa gula tertentu di dalam kacang merah dan keluarga kacang-kacangan lain yang sulit dicerna oleh usus besar. Akibatnya, makan keluarga kacang-kacangan ini bikin Anda mudah kentut.

Makanan pedas

Suka makanan pedas? Sebaiknya hentikan jika mengalami masalah pencernaan seperti mulas atau sembelit. Sebab itu adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa makanan pedas sulit dicerna.

Minuman asam

Memang benar jika minuman asam membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C. Akan tetapi asam terlalu tinggi mengganggu fungsi kerongkongan dan membuat tubuh sulit mencernanya.

Makanan yang digoreng kering

Sangat berlemak tinggi dan berminyak, tidak salah jika makanan yang digoreng kering termasuk yang paling sulit dicerna tubuh. Hindari kebiasaan makan makanan ini jika masih menyayangi sistem pencernaan.

Kentang tumbuk

Kebanyakan resep masakan kentang tumbuk dicampur dengan susu dan krim, sehingga penderita intoleransi laktosa lagi-lagi harus menghindarinya jika tidak ingin bermasalah dengan pencernaan.

Cokelat

Cokelat memang lezat dan menyehatkan, tetapi makan berlebihan justru mengganggu pencernaan. Sebab kandungan kafein dan lemak di dalamnya cukup sulit dicerna oleh tubuh.

Bawang bombai mentah

Jika dimakan mentah, bawang bombai bisa bikin Anda sering kentut. Jadi sebaiknya masak dulu sebelum menikmati makanan yang sebenarnya penuh gizi ini.

Sayuran berdaun hijau

Bernutrisi tinggi, kaya serat, dan penuh vitamin, itulah sayuran berdaun hijau. Tetapi makan terlalu banyak malah membuat tubuh sulit mencernanya dan perut menjadi kembung.

Permen karet bebas gula

Senyawa bernama sorbitol dalam produk permen karet bebas gula adalah penyebab kenapa Anda sering kentut. Mengunyah permen karet itu sendiri juga membuat perut jadi kembung karena banyak udara yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yang paling sulit dicerna oleh tubuh. Sayangi sistem pencernaan Anda dengan cara membatasi konsumsinya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template