Comments

Monday, August 26, 2013

6 Penyebab mimisan

Posted by at 5:35 AM Read our previous post



Mimisan dalam bidang medis disebut dengan epistaxis. Beberapa ahli terkadang juga menyebutnya sebagai pendarahan hidung. Sebenarnya mimisan merupakan kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja karena hidung memang memiliki banyak pembuluh darah.

Selain itu, sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan mimisan. Mulai dari sesuatu yang sepele sampai indikasi penyakit yang mematikan. Simak selengkapnya enam penyebab mimisan seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.


1. Alergi

Akibat respon alergi pada setiap orang yang berbeda-beda, jaringan pada hidung biasanya akan membengkak. Sehingga pembengkakan tersebut memicu mimisan.
Lantas bagaimana cara mengatasinya? Penderita wajib menghindari hal-hal yang yang bisa memicu alergi pada dirinya. Beberapa obat atau vaksin terkadang juga dianjurkan untuk mengatasi kasus alergi yang cukup parah.

2. Iklim

Beberapa orang bisa mimisan akibat kondisi udara atau iklim di sekitarnya, terutama jika iklim begitu kering.
Kekeringan membuat hidung mengalami iritasi. Sehingga ketika menghirup udara, seseorang akan mengalami pendarahan pada hidungnya atau mimisan.

3. Mengupil

Tujuan mengupil pada dasarnya adalah membersihkan sisa udara kotor dan bakteri yang tersaring oleh bulu-bulu hidung. Akan tetapi jika mengupil terlalu keras atau menggunakan benda runcing dan tajam, hidung berisiko mengalami pendarahan.
Biasanya, anak-anak paling sering mimisan akibat kebiasaan mengupil ini. Untuk mencegahnya, orang tua perlu mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa agar anak tidak terlalu keras ketika mengupil.


4. Infeksi sinus

Jika darah mimisan berwarna gelap dan menyebarkan bau tidak sedap, bisa jadi seseorang tersebut menderita infeksi sinus. Sehingga pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan.
Infeksi sinus memang bisa membuat hidung jadi mimisan. Jadi mengobati sinus sama dengan mengatasi masalah mimisan juga.

5. Tumor

Jika pria dewasa kerap mimisan, bisa jadi mereka terkena juvenile angiofibroma atau tumor pembuluh darah. Pemeriksaan khusus dan operasi perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Sementara itu, ibu hamil yang mimisan biasanya disebabkan oleh perubahan fisiologis di saluran pernapasan, terutama jika ibu hamil memiliki tekanan darah yang cukup tinggi.


6. Hipertensi

Penyebab mimisan yang berikutnya adalah karena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Biasanya para lansia lebih sering ditemukan mimisan akibat hal ini.

cara mengontrol mimisan pada lansia adalah menekan hidung dan bernapas melalui hidung. Jika mimisan semakin sering terjadi, penderita sangat dianjurkan untuk menghubungi ahli medis.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template