Comments

Wednesday, October 9, 2013

9 Kebiasaan orang sukses di hari Senin pagi

Posted by at 6:19 AM Read our previous post
Sukses membutuhkan kerja keras dan kemampuan yang mumpuni. Namun, terkadang kesuksesan juga dipengaruhi oleh keberuntungan. Berada di tempat yang tepat dan waktu yang tepat, serta bertemu dengan orang yang tepat bisa membuat sukses lebih mudah terjadi. Tak jarang, keberuntungan juga tercipta dari kebiasaan yang dilakukan, terutama di hari Senin ketika pekerjaan dimulai.

Berikut adalah beberapa kebiasaan orang sukses yang dilakukan di hari Senin pagi, seperti dilansir oleh Askmen.

1. Menggunakan akhir pekan dengan efektif

Kebiasaan yang satu ini dilakukan oleh james Reinhart dari ThredUp.com. Menurutnya, kalian tak akan bisa mendapatkan hari Senin yang hebat jika akhir pekan kalian biasa-biasa saja, malas, dan bahkan tak kalian manfaatkan dengan baik. Akhir pekan adalah waktu untuk diri sendiri, waktu luang untuk berpikir, menyegarkan pikiran, dan bersantai. Di saat seperti ini biasanya orang justru menemukan ide cemerlang. Untuk itu, manfaatkan akhir pekan dengan efektif. Jika kalian masih bekerja di akhir pekan, kalian akan kehabisan tenaga untuk menyongsong hari Senin.

2. Buat rencana satu minggu ke depan

Kebiasaan ini dilakukan oleh Laura Vanderkam, seorang penulis buku. Kebanyakan orang benci hari Senin dan mereka berharap tak beranjak dari tempat tidur. Namun orang yang sukses bukanlah orang kebanyakan. Orang sukses adalah mereka yang sibuk dan bersemangat untuk mulai bekerja. Di awal minggu, yaitu hari Senin sempatkan diri untuk merencanakan apa yang akan kalian lakukan selama satu minggu. Setidaknya buat enam prioritas, satu untuk satu hari. Ini untuk menyemangati diri sendiri. Ketika kalian berhasil mencapai prioritas tersebut, kalian akan memiliki minggu yang hebat!

3. Bangun lebih awal

Kebiasaan ini dilakukan oleh Vittorio Colao dari Vodaphone. Colao memiliki kebiasaan bangun lebih pagi dan memulai harinya pada pukul enam pagi. Apa yang harus dilakukan? Itu terserah masing-masing orang. Namun bangun lebih pagi akan memberikan kalian semangat yang lebih serta start lebih awal dari mereka yang bangun lebih siang atau bahkan kesiangan. Bukankah pepatah mengatakan bahwa ayam yang bangun paling pagi adalah yang akan mendapatkan cacing.

4. Menjawab atau tidak menjawab e-mail

Yang satu ini bergantung pada prioritas pekerjaan kalian. Bagi kalian yang pekerjaannya sangat berkaitan dengan e-mail dan membutuhkan kecepatan, mengikuti kebiasaan Tim Cook dari Apple mungkin lebih cocok. Tim Cook mengecek e-mail pertama kali di hari Senin pagi. Ini untuk segera menjawab e-mail penting setelah tak mengeceknya selama akhir pekan. Jika tak segera dijawab, e-mail penting akan segera tertumpuk dengan e-mail baru dan membuat kalian kewalahan mengaturnya.
Sementara jika pekerjaan kalian tak terlalu berkaitan dengan e-mail, kalian bisa mengikuti kebiasaan David Karp dari Tumblr. Menurut Karp, kalian harus mendahulukan pekerjaan yang membutuhkan fokus paling tinggi di Senin pagi. Ini karena pikiran kalian masih jernih sehingga kalian bisa memberikan usaha terbaik untuk pekerjaan tersebut. E-mail bisa dilakukan di lain jam. Mengecek e-mail di jam pertama hari Senin hanya akan menguras tenaga dan mengalihkan fokus kalian.

5. Manfaatkan perjalanan

Beberapa orang berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum. Ini memang tidak efektif, namun bisa dimanfaatkan. Menurut Tim Armstrong dari AOL, waktu yang kalian habiskan di perjalanan ke kantor tak harus sia-sia. Kalian bisa membuat rencana seminggu ke depan dalam pikiran kalian, atau mendengarkan radio dan membaca koran untuk mendapatkan informasi terbaru tentang bidang yang kalian tekuni.

6. Bersyukur

Toy Robbins dan guru spiritual lainnya mengajarkan kebiasaan bersyukur di hari Senin pagi. Kebanyakan orang berada dalam mood buruk di hari Senin pagi, namun orang sukses tak seperti itu. Mereka akan selalu bahagia dengan apa yang mereka lakukan, apa yang sudah mereka capai dan apa yang ingin mereka raih. Bahkan jika kalian belum sukses, tentunya ada banyak hal yang bisa kalian syukuri, salah satunya adalah pekerjaan yang kalian miliki dan yang terpenting adalah kesehatan yang membuat kalian masih bisa bekerja dengan baik. Ada banyak orang yang tak lebih beruntung dari kalian.

7. Berolahraga

Presiden Amerika Barack Obama menyarankan agar kalia memulai Senin pagi dengan berolahraga. Berolahraga di pagi hari Senin akan memberikan kalian semangat dan siap menjalani seminggu ke depan. Selain itu, endorfin yang didapatkan saat berolahraga akan membuat kepala lebih jernih dan menghilangkan stres yang kalian rasakan. Olahraga di hari Senin pagi dilakukan oleh Barack Obama dan George W Bush.

8. Dahulukan yang sulit

Mark Twain mengandaikan ini dengan "memakan kodok terlebih dahulu." Artinya adalah melakukan pekerjaan yang paling sulit di hari Senin pagi. Melakukan pekerjaan yang sulit akan membuat kalian lebih mudah menghadapi pekerjaan selanjutnya dan menjalani hari-hari dengan lebih bersemangat. Sementara menunda pekerjaan sulit akan membuat kalian merasa was-was di hari selanjutnya karena memikirkan pekerjaan yang cukup besar.

9. Mulai dengan meja bersih

Terkadang hal yang kecil bisa memberikan dampak yang besar. Inilah yang dipercayai oleh Alexandra Levit, penulis buku Blind Spot. Menurutnya, baik orang yang memiliki pikiran kreatif atau tidak memerlukan meja yang rapi. Saat hari terakhir bekerja di akhir pekan sebaiknya luangkan waktu untuk membersihkan meja kerja sebelum pulang. Kalian akan melihat meja yang rapi di hari Senin pagi. Menandakan awal yang baru, segar, dan bersemangat!
Itulah beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh orang sukses d hari Senin pagi mereka. Coba ikuti saran mereka dan buktikan sendiri, apakah kesuksesan mereka juga akan menular pada kalian!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template