Comments

Monday, August 12, 2013

Penelitian: Orang Sombong dan Licik Dihukum oleh Evolusi

Posted by at 5:45 AM Read our previous post

Penelitian: Orang Sombong Dihukum oleh Evolusi
  
 
Jika Anda orang yang sombong dan licik, bersiaplah untuk menghadapi hukuman yang dijatuhkan oleh evolusi. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Michigan State University (MSU) menjabarkan bukti baru mengenai hal tersebut.

"Untuk waktu yang singkat, secara spesifik, beberapa organisme akan keluar. Namun kesombongan bukanlah hal yang bersifat evolusioner," ujar Chrsitoph Adami, profesor mikrobiologi di MSU, Jumat 2 Agustus 2013.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications ini berfokus pada teori permainan yang biasa digunakan oleh para pakar biologi, ekonomi, politik, dan berbagai disiplin ilmu lainnya. Sepanjang 30 tahun terakhir, para ilmuwan mempelajari kerja sama antara organisme sel tunggal hingga dapat membentuk kehidupan manusia.


Pada 2012, sebuah makalah menyebutkan tentang strategi penemuan baru yang dinamakan zero determinant. Studi ini menyatakan orang licik sudah pasti dikalahkan oleh orang yang kooperatif.

"Makalah itu menyebabkan kehebohan," ujar Adami. Bersama ilmuwan MSU lainnya, Arent Hintze, dia melakukan riset lewat pendekatan mikrobiologi dan molekuler. Hasil riset menunjukkan sesuatu yang benar-benar baru dibandingkan penelitian yang dilakukan selama 30 tahun belakangan.

Adami dan Hintze meragukan strategi zero determinant yang secara esensial mengeliminasi kerja sama dan justru berpotensi menambah orang-orang sombong dan licik di dunia. Keduanya kemudian menggunakan sistem komputasi dengan tenaga tinggi untuk menjalankan ratusan ribu permainan dan menyimpulkan bahwa strategi zero determinant tidak akan pernah menghasilkan suatu evolusi. 

"Melalui pengaturan yang evolusioner dan strategi populasi, Anda membutuhkan informasi ekstra untuk membedakan satu sama lain," kata Adami, seperti dikutip Livescience.

Ia menambahkan, strategi zero determinant hanya bekerja jika seorang pemain mengetahui strategi lawan dan mengadaptasinya. Orang yang menggunakan strategi zero determinant akan bermain secara satu arah dan melawan pemain yang kooperatif.


"Satu-satunya cara agar orang dengan startegi zero determinant dapat selamat adalah jika mereka mengenal lawannya," kata Hintze. Untuk memenangkannya, Hintze menyebutkan, diperlukan cara untuk mengubah strategi, bahkan dengan menjalankan apa yang dimiliki lawan, yaitu dengan menjadi lebih kooperatif.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template