Comments

Tuesday, August 6, 2013

Hilangkan kebiasaan buruk dalam 6 langkah

Posted by at 7:06 AM Read our previous post



semua orang pasti punya satu atau dua kebiasaan buruk, atau bahkan lebih. Namun jangan khawatir. Meski sudah menjadi kebiasaan, bukan berarti selamanya tak bisa diubah. Berikut adalah tips untuk menghilangkan kebiasaan buruk dalam 6 langkah, seperti dilansir oleh Shine! (30/07).

1. Spesifik

Lebih spesifik hal yang ingin Anda capai, lebih baik. Jangan buat tujuan yang terlalu umum, seperti "Tidak jorok," tapi buatlah yang lebih spesifik, misalkan "Menyapu kamar tidur setiap hari, langsung mencuci piring setelah makan," dan lainnya. Ini akan membuat Anda lebih mudah memulai kebiasaan baru yang lebih baik untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang lama.

2. Mulai dari yang kecil

Tentu saja, Anda ingin segera menghilangkan kebiasaan buruk dan langsung merasa harus menetapkan tujuan yang besar. Namun terkadang, di tengah-tengah Anda akan merasa malas. Ketika tujuan yang ditetapkan terlalu besar, rasa malas akan semakin bertumpuk. Untuk itu, lebih baik tetapkan tujuan yang kecil, namun dilakukan secara rutin dan dibiasakan terus-menerus.

3. Lakukan setiap hari

Suatu hal menjadi kebiasaan karena Anda melakukannya berulang-ulang, secara rutin, setiap hari, dan menjadi 'biasa' dengan hal tersebut. Hal yang sama juga harus Anda lakukan untuk menghilangkannya. Anda harus melakukan kebiasaan baik, atau menghindari kebiasaan buruk itu berulang-ulang, setiap hari, hingga nantinya menjadi terbiasa.

4. Tulis dan beritahu teman

Tulisan dan memberitahu teman tentang apa yang ingin Anda lakukan bisa menjadi pengingat yang baik ketika Anda malas melakukannya. Dengan begitu, And akan terus termonitor dan terkontrol. Ketika akan melakukan kebiasaan buruk lagi, akan ada yang mengingatkan Anda.

5. Teledor sesekali, tak masalah

Tak ada orang yang sempurna, dan menghilangkan kebiasaan buruk tentu membutuhkan usaha keras. Sehingga ketika Anda bersikap teledor sesekali, maafkan diri Anda. Jangan terlalu ketat dan berpikir bahwa semuanya sudah berakhir. Tak masalah, Anda hanya harus mengulanginya lagi dan tetap berkomitmen pada apa yang ingin Anda lakukan.

6. Beri hadiah

Beri hadiah untuk diri Anda sendiri jika mampu menghilangkan kebiasaan buruk. Ini untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai usaha keras Anda untuk melakukannya. Hadiah juga mengingatkan Anda betapa menyenangkannya bisa menghilangkan kebiasaan buruk dan mengubahnya dengan kebiasaan baik.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai menghilangkan kebiasaan buruk. Memang tak akan mudah pada awalnya dan tak bisa secara instan. Namun jika dilakukan dengan rutin dan penuh tekad, Anda pasti berhasil menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template