Comments

Monday, August 12, 2013

6 Cara dapatkan tidur malam berkualitas

Posted by at 5:30 AM Read our previous post


Tidur malam yang baik - setidaknya 7 jam per malam - adalah sebuah keharusan bagi tubuh kita. Dari perspektif kesehatan dan kebugaran, tidur malam yang baik dapat membantu kita tetap ramping dengan membantu menjaga sensitivitas insulin. Ini juga mengurangi risiko masuk angin dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap stres. Tidur malam yang baik juga meningkatkan memori dan kinerja otak. Berikut adalah enam cara dapatkan tidur malam berkualitas, seperti dilansir Livestrong.

1. Memadamkan lampu atau mengurangi tingkat penerangan saat malam

Penerangan di malam hari dapat mengganggu produksi melatonin dan merusak kualitas tidur Anda. Matikan semua perangkat eletronik dan lampu agar Anda dapat tidur dengan tenang.

2. Jauhkan ponsel dari dekat Anda

Radiasi yang dipancarkan dari ponsel dapat meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai siklus tidur nyenyak dan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan dalam siklus tersebut. Sebuah studi kecil yang dilakukan tahun 2007, menemukan bahwa radiasi dari ponsel benar-benar bisa menyebabkan insomnia dan mengganggu kualitas tidur.

3. Buatlah kamar Anda setenang mungkin

Kebisingan telah terbukti menurunkan kualitas tidur secara keseluruhan. Sulit untuk tertidur ketika orang berbicara keras atau ketika ada bunyi-bunyian yang mengganggu. Anda juga dapat menggunakan penyumbat kuping supaya suara bising tak mengganggu tidur Anda.

4. Mengatur jadwal tidur dan menepatinya

Anda butuh kedisiplinan lebih untuk melakukannya, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan sekalipun. Tubuh Anda tidak akan dapat membangun ritme yang efektif, jika Anda tidak menaati pola tersebut.

5. Membaca sesuatu yang ringan selama 15 menit sebelum tidur

Hindari membaca sesuatu yang berat dan dapat merangsang intelektual Anda. Gunakan waktu Anda untuk membaca sesuatu yang ringan. Ini bisa membuat Anda bersantai dan tertidur lelap.

6. Kualitas kasur Anda

Pastikan bahwa kualitas kasur Anda dapat membuat Anda tertidur lelap. Kondisi kasur yang bersih dan berkualitas baik dapat mendukung tidur malam Anda yang berkualitas.

Inilah enam cara dapatkan tidur malam yang berkualitas. Ingat, jangan keseringan begadang dan melewatkan waktu tidur di malam hari tanpa alasan yang kuat. Sebab, tidur malam yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan kebugaran tubuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template