Comments

Friday, August 2, 2013

SunClean, Game Buatan Mahasiswa UI Jadi Juara Dunia

Posted by at 7:18 AM Read our previous post

http://images.detik.com/content/2013/07/25/654/winner.jpg
  Satu lagi prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional. Lima mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim SunSquare Studio, meraih predikat juara tingkat dunia berkat aplikasi buatan mereka.

SunClean, demikian nama aplikasi tersebut, sukses memikat hati juri ajang Sanitation App Challenge 2013 yang diselenggarakan oleh World Bank. SunClean merupakan aplikasi game yang mengajarkan anak-anak untuk membiasakan pola hidup bersih.

Terdiri dari dua mini game, permainan yang dapat diakses di alamat www.sunsquarestudio.com/sunclean ini ditargetkan bagi anak-anak usia empat tahun ke atas. Dua mini game tersebut adalah Trash Disposal dan Hand Wash for Kids.

Trash Disposal mengajarkan memisahkan sampah organik dan anorganik, sementara Hand Wash for Kids mengajarkan mencuci tangan dengan benar. Keduanya bisa dimainkan di komputer atau perangkat mobile dengan OS html5, Windows 8, Android, iOS dan BlackBerry 10 platform.



Sebagai bentuk penghargaan atas kemenangan tim SunSquare Studio, World Bank mengundang mereka ke Amerika Serikat (AS). Di negeri Paman Sam, mereka mendapatkan kesempatan mengikuti workshop dan mengunjungi sejumlah kantor situs ternama dunia seperti Google dan Facebook.

Kelima mahasiswa beruntung itu adalah Dimas Ramadhani, Luqman Sungkar, Riza Herzego Nida Fathan, Irfan Nur Afif, dan Mohammad Agung Nugroho. Menariknya, lima mahasiswa Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer UI ini juga menjadi finalis termuda yang berhasil berkompetisi dengan para entrepreneur, computer enthusiasts dan rural community specialist dari berbagai belahan dunia.

SunSquare Studio berharap kemenangan ini dapat memacu mereka berkarya lebih gencar dan inovatif terutama dalam menghasilkan produk yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Ke depannya, SunClean App Game akan dikembangkan menjadi social games sehingga dapat lebih mudah diakses dan dapat saling berinteraksi antar pengguna aplikasi," sebut SunScreen Studio dalam keterangan tertulis mereka, Kamis (25/7/2013).




World Bank Indonesia juga telah menyosialisasikan SunClean App Game ini kepada duta-duta sanitasi di Indonesia agar dapat disebarluaskan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan demikian, game ini bisa dipakai untuk membantu meningkatkan kesadaran dan kebiasaan akan pola kebersihan dan sanitasi.

Sanitation App Challenge sendiri adalah kompetisi membuat aplikasi untuk mengatasi masalah sanitasi di dunia. Diselenggarakan oleh World Bank, kompetisi ini dimulai dengan Sanitation Hackathon yaitu membuat aplikasi selama 24 jam, di 14 kota di seluruh dunia termasuk di Jakarta pada 1-2 Desember 2012.

Selanjutnya, tim dan aplikasi terpilih dikembangkan di tahap Hackathome yang berlangsung hingga 22 Maret 2013. Tahap akhir, pengumuman GrandPrize Winner pada event Investment in Sanitation di Washington DC, AS, 19 April 2013.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template