Comments

Saturday, September 14, 2013

5 Manfaat dipecat dari pekerjaan

Posted by at 6:26 AM Read our previous post


Dipecat tentu adalah hal yang tak ingin dialami oleh semua karyawan. Meski mungkin kebanyakan karyawan tak puas dengan pekerjaan mereka, namun dipecat bisa jadi malapetaka karena mereka akan kehilangan penghasilan dan karir. Namun siapa bilang dipecat hanya membawa keburukan? Ternyata pemecatan juga bisa bermanfaat.
Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda dipecat, seperti dilansir oleh Brazen Career .
1. Pemecatan membuat lebih berani

Pemecatan kebanyakan terjadi pada orang yang tidak sejalan dengan perusahaan. Ketika ada hal yang tak beres dalam sebuah perusahaan, pemecatan bisa terjadi pada orang yang berani mengutarakan pendapat dan idealisme mereka yang tak sesuai dengan perusahaan. Jika memang idealisme tersebut benar menurut Anda, mengapa tidak? Dipecat lebih baik daripada hanya menuruti atasan atau memiliki motto "Asal bapak senang" bukan? Ini membuat Anda lebih berani mengutarakan pendapat, berani salah, berani mencoba, berani gagal dan mencoba bangkit lagi.
2. Tak khawatir dipecat lagi

Mengalami pemecatan menghilangkan rasa takut Anda untuk dipecat. Sebenarnya takut dipecat bisa menghalangi seseorang untuk benar-benar mengejar dan mengusahakan apa yang menjadi impian mereka. Siapa tahu, Anda memang harus dipecat terlebih dahulu untuk bisa menyalurkan bakat di tempat lain, misalkan seperti bakat wirausahawan dan membangun bisnis Anda sendiri.
3. Menandakan pertumbuhan dan pembelajaran

Dipecat adalah sebuah tanda bahwa Anda sedang tumbuh dan belajar. Baik pemecatan tersebut terjadi karena kesalahan Anda atau karena hal lain, namun Anda bisa belajar dari pengalaman tersebut. Pengalaman ini juga bisa membuat Anda lebih bijak. Siapa tahu pengalaman tersebut berguna di pekerjaan yang selanjutnya.
4. Memahami orang lain

Dipecat dari pekerjaan dan menjadi pengangguran lagi akan mengajarkan Anda mengenai pengalaman pahit yang tak menyenangkan. Pembelajaran ini bisa mempengaruhi cara berpikir, hubungan dengan orang lain, mempengaruhi kehidupan, bahkan pertumbuhan karir Anda selanjutnya. Satu hal yang [asti Anda dapatkan adalah rasa empati pada orang lain yang bisa jadi memiliki nasib lebih buruk dari Anda.
5. Dipecat tak selalu buruk

sebuah fakta unik mengungkap bahwa orang yang terbaik dan memiliki pemikiran paling tajam di bidangnya setidaknya pernah dipecat sekali atau dua kali. Mengapa? Karena mereka memiliki poin satu sampai empat di atas. Selain itu karena mereka yang pernah dipecat tentunya adalah orang-orang dengan passion tinggi dan keberanian untuk berdiri pada idealisme mereka.
Itulah beberapa hal yang bisa didapatkan dari pemecatan. Jangan khawatir dengan pemecatan sepihak yang bisa jadi tak disebabkan oleh kesalahan Anda. Ini berarti Anda tengah dibawa ke tempat yang lebih baik. Namun jika pemecatan terjadi karena kesalahan Anda pun, Anda masih bisa belajar melalui pengalaman tersebut dan tak mengulangnya di masa depan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template