Comments

Saturday, September 14, 2013

6 Olahraga yang memperpanjang usia

Posted by at 7:01 AM Read our previous post
Rajin berolahraga tentu membuat tubuh semakin sehat dan menurunkan risiko serangan berbagai macam penyakit. Sehingga kesempatan bertahan hidup pun lebih panjang.
Meski usia berada di tangan Tuhan, tetapi alangkah baiknya jika kita berusaha menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin dengan cara melakukan olahraga seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Naik turun tangga


Pada tahun 2008 lalu, penelitian kecil di Swiss menemukan kalau naik turun tangga menurunkan risiko mati muda sebesar 15 persen ketimbang naik turun dengan eskalator.
Ini artinya, naik turun tangga dengan jalan kaki memiliki dampak yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Jadi kenapa masih mengeluh capek jika naik turun tangga sangat bermanfaat? terang peneliti saat itu.

2. Bersepeda


Bersepeda ke kantor adalah cara yang paling murah dan ramah lingkungan yang bisa dilakukan setiap hari. Selain itu, bersepeda juga ternyata termasuk dalam salah satu olahraga yang mampu memperpanjang usia.
Sebuah penelitian dari Copenhagen menyebutkan kalau bersepeda dengan cepat juga memiliki kesempatan hidup lima tahun lebih lama. Jadi jangan malas mengayuh sepeda setiap hari.

3. Berenang


Suka berenang? Jika iya, ada kabar baik bagi Anda yang rajin melakukan olahraga yang satu ini. Sebab penelitian menyatakan kalau berenang secara rutin mampu menurunkan risiko kesempatan meninggal sebesar 50 persen.
Bukan cuma itu, jika dibandingkan dengan orang-orang yang memilih berlari dan jalan kaki sebagai olahraga mereka, perenang juga memiliki angka mati muda yang relatif rendah.

4. Jalan cepat


Penelitian pada tahun 2011 memaparkan bahwa orang-orang yang berjalan dengan cepat memiliki usia yang lebih panjang.
Namun menurut peneliti, jalan cepat ternyata lebih menunjukkan indikasi usia seseorang daripada memperpanjang umur. Sebab semakin cepat berjalan, semakin sehat seseorang.
Jadi keluar lalu jalan cepat tidak akan langsung memperpanjang usia, ungkap peneliti.
Meskipun demikian, jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, tubuh pasti akan lebih terbiasa untuk berjalan cepat dan terasa lebih bugar.

5. Jalan kaki


Banyak orang berpikir olahraga yang sehat harus dilakukan lebih dari 30 menit dan berkeringat setelah menjalaninya. Padahal olahraga sebentar saja dan tidak berkeringat juga tak kalah menyehatkan.
Sebagai buktinya, penelitian pada tahun 2011 mengungkap bahwa jalan kaki 15 menit sehari juga mampu memperpanjang usia hingga tiga tahun ke depan.

6. Berlari


Selain jalan kaki dan bersepeda, berlari juga termasuk olahraga yang dipercaya mampu memperpanjang usia.
Namun berlari perlu dilakukan secara teratur, meskipun durasinya tidak terlalu lama. Sebuah penelitian pun membuktikan kalau berlari satu setengah jam selama lima kali dalam seminggu bisa meningkatkan kesempatan bertahan hidup hingga empat tahun lamanya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template