Comments

Saturday, September 14, 2013

Mau bikin startup sukses? Ini 7 kuncinya

Posted by at 6:36 AM Read our previous post

Dalam bukunya yang berjudul The Seven Habits of Highly Effective People, Stephen Covey berusaha memapar tentang kebiasaan orang-orang sukses yang patut ditiru. Penasaran kira-kira apa saja cara agar startup bisa sukses? Berikut adalah beberapa tips dari Stephen Covey, yang dilansir oleh Forbes. Yuk simak bersama!


1. Selalu berkomunikasi dengan tim

Pemimpin startup harus selalu berbagi informasi, baik itu buruk ataupun baik, kepada timnya dengan penuh transparansi. Ini adalah cara terbaik untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari para karyawan. Selain kejujuran, berbagi informasi tanpa ada yang berusaha ditutup-tutupi akan membuat tim bekerja lebih terstruktur dan giat. Dalam startup, kekompakan untuk meraih misi bersama sangatlah penting. 

2. Rapat rutin

Pemilik startup harus selalu menggelar rapat rutin, semisal setiap beberapa bulan atau satu kali per kuartal. Namun, setiap kali ada informasi penting yang muncul, segera beritakan informasi itu kepada tim. Jangan menunda untuk mengumumkannya hingga bertemu di pertemuan berikutnya. 

3. Menjaga kondisi diri sendiri

Menjalankan bisnis semacam ini akan sangat menantang. Oleh karenanya, pemimpin startup harus bisa menyeimbangkan antara karir dan kehidupan pribadi. Jadi, pastikan bahwa Anda selalu mendapatkan tidur yang teratur, pola makan yang benar, berolahraga, dan gaya hidup sehat lainnya. Sebab, kondisi tubuh dan mental yang fit akan sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan. 

4. Membiarkan masalah pribadi tetap berada di luar pekerjaan

Dengan membuat jaringan bisnis Anda tetap kuat, Anda dapat meningkatkan banyak aspek lain dari dunia profesional Anda, antara lain: komunikasi, keterbukaan, dan empati. Namun, pastikan bahwa Anda selalu membiarkan masalah pribadi Anda tetap berada di luar pekerjaan. Karena jika tidak, itu bisa mempengaruhi pekerjaan Anda. 

5. Memiliki tekad kuat untuk membuat bisnis jadi sukses

Para pendiri startup yang kini telah sukses memiliki gairah yang besar terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka akan melakukan apa pun untuk bisa membuat bisnis jadi sukses. 

6. Selalu berada di zona tidak nyaman

Para pemimpin startup sukses selalu hidup dalam keadaan tidak nyaman - dan merasa nyaman dengan kondisi itu. Saat menjalankan sebuah startup, pastikan bahwa Anda selalu menempatkan diri dalam keadaan tidak nyaman. Sebab, ketika Anda merasa tidak nyaman, Anda akan melakukan segala hal untuk membuat kondisi itu menjadi nyaman. Sebaliknya, ketika Anda sudah merasa sangat nyaman dengan keadaan Anda sekarang, Anda akan menjadi malas dan tidak berusaha untuk berkembang. 

7. Reputasi yang baik

Ini sangat penting bagi setiap pemimpin, terutama untuk para pendiri startup. Sebab, reputasi mereka adalah kunci untuk membuat bisnis itu menjadi sukses. Bersikap jujur, to the point, dan tegas adalah kunci untuk membangun hubungan baik dengan anggota tim, klien, dan media. Dengan melakukan ini, Anda akan dihargai dan dihormati oleh jaringan Anda. 

Inilah tujuh cara untuk membuat bisnis startup Anda menjadi lebih sukses di masa depan. Selamat mencoba dan jangan cepat putus asa!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template