Comments

Tuesday, October 1, 2013

6 Kebiasaan yang bisa 'membunuh' kreativitas

Posted by at 6:14 AM Read our previous post

Meski kalian tak mempercayainya, namun beberapa kebiasaan yang dilakukan benar-benar bisa mengurangi kecerdasan kalian. Bahkan, kebiasaan ini tak hanya menurunkan kecerdasan tetapi juga menghambat usaha kalian untuk meraih tujuan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya kalian hindari jika tak ingin kreativitas kalian menurun dan membuat kalian tak bisa mencapai apa yang kalian inginkan, seperti dilansir oleh Life Zap.



1. Menciptakan dan mengevaluasi

Kalian tak bisa naik sekaligus turun, atau maju sekaligus mundur. Hal semacam ini tak akan membawa kalian ke mana-mana. Kebiasaan banyak orang adalah menciptakan suatu konsep, kemudian secara langsung mengevaluasinya. Hal ini tak akan membuat apa yang kalian ciptakan berkembang karena kalian akan terus-terusan berada di tempat kalian dan sulit melangkah akibat proses evaluasi yang terlalu cepat. Untuk menciptakan sesuatu, coba lakukan dulu. Buat produknya, jika ide kalian berkaitan dengan produk, atau lakukan eksekusi. Setelah itu, baru kalian bisa mulai melihat efek kerjanya dan melakukan evaluasi. Berikan kesempatan bagi ide kalian untuk berkembang, jangan langsung 'membunuhnya' dengan evaluasi dan kritik di tahap awal.


2. Berpikir bahwa kalian sudah ahli

Kebiasaan yang satu ini membuat banyak orang bertambah bodoh dan menurunkan keterampilan mereka. Sindrom yang membuat seseorang merasa sudah ahli atau sudah hebat ini akan menghambat proses belajar mereka. Hingga pada akhirnya mereka akan merasa tak perlu belajar lagi dan terjebak dengan kemampuan yang itu-itu saja. Jika ingin kecerdasan, kemampuan, dan keterampilan kalian terus berkembang jangan pernah merasa kalian sudah hebat. Teruslah belajar dan tingkatkan kemampuan.

3. Rasa takut

Banyak orang yang memiliki kemampuan dan kecerdasan untuk sukses, namun gagal hanya karena rasa takut yang menguasai mereka. Bahkan orang yang pintar pun akan menjadi sangat bodoh ketika mereka membiarkan rasa takut menghambat mereka. Tak masalah merasa takut, itu adalah hal yang normal, namun jangan biarkan rasa taut menghalangi jalan kesuksesan kalian atau membuat kalian semakin bodoh.


4. Kurang percaya diri

Kebiasaan yang satu ini akan membuat seseorang tak menghargai kemampuan dan kecerdasannya sendiri. Akibatnya, kemampuan dan kecerdasannya seolah tak ada karena dia tak percaya diri untuk menunjukkannya. percayai kemampuan diri kalian, bahkan jika kalian telah banyak gagal. Biarkan diri kalian belajar, tumbuh, dan selalu percaya bahwa kalian bisa.



5. Membuat batasan

Meski kita memang memiliki batasan yang nyata, seperti batasan finansial, atau batasan lainnya, namun jika kalian menciptakan batasan kalian sendiri, sama saja dengan membatasi kecerdasan kalian dan kemampuan kalian untuk belajar dan berkembang. Ketika kalian membuat batasan sendiri yang mengikat, kalian akan menghindari kesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Ini tak hanya menurunkan kecerdasan kalian tetapi juga menghalangi kalian untuk sukses. Jadi, mulai sekarang perhatikan batasan palsu apa saja yang kalian berikan pada diri sendiri, lalu hilangkan batasan itu.

6. Minum alkohol

Meski banyak orang menikmati minum alkohol, namun sebenarnya alkohol bisa menurunkan kecerdasan dan kemampuan seseorang untuk berpikir. Alkohol memang tak akan membunuh semua sel otak kalian sekaligus, namun alkohol dan obat-obatan terlarang bisa membunuh sel otak secara perlahan. Ini akan membuat kalian lebih sulit belajar hal-hal baru.

Itulah beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa menurunkan kecerdasan kalian dan membuat kalian lebih sulit mencapai tujuan. Selain itu, kebiasaan tersebut akan membuat kalian membatasi kemampuan kalian sendiri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template