Comments

Sunday, October 6, 2013

Kulit kendur: penyebab dan cara mencegahnya

Posted by at 5:45 AM Read our previous post


Elastisitas kulit adalah kemampuan kulit untuk meregang dan kemudian kembali ke keadaan normal. Orang muda memiliki elastisitas kulit yang lebih baik ketimbang mereka yang berusia lebih tua. Ini berkaitan dengan ketebalan dermis. Orang yang berusia lebih tua memiliki tingkat elastisitas yang rendah karena dia memiliki sedikit dermis yang menyebabkan kulit susah kembali ke posisi semula.

Hilangnya elastisitas kulit adalah tanda alami dari penuaan dan dikenal sebagai elastosis. Ada beberapa alasan yang menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya, termasuk karena proses penuaan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kulit kehilangan elastisitasnya serta cara mencegahnya, seperti dilansir Boldsky.

1. Gen

Ini mungkin adalah faktor utama dalam menentukan mengapa dan kapan kulit Anda akan kehilangan elastisitasnya, mengendur dan membentuk kerutan.

2. Radiasi UV

Radiasi UV adalah alasan di balik sebagian besar masalah kulit seperti tanning, pigmentasi, keriput dan kulit kendur.

3. Stres

Terlalu sering stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kulit dan kesehatan lainnya. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan pengurangan protein yang bertanggung jawab untuk elastisitas kulit.

4. Makanan terlalu manis

Terlalu sering makan makanan manis juga menjadi alasan bagi kulit kendur. Diet yang tidak tepat dan tidak sehat juga dapat menyebabkan masalah kulit termasuk mengurangi elastisitas kulit.

Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan kulit kendur, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

a. Suplemen kulit

Perbanyak konsumsi vitamin seperti Vitamin C dan Vitamin E untuk meningkatkan elastisitas kulit. Krim pelembap juga sangat efektif dan efisien untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kulit kering. Namun, konsultasikan dengan dokter kulit sebelum mengonsumsi atau menggunakan krim untuk kulit.

b. Hindari sinar matahari

Hindari terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya yang baik untuk melindungi kulit. Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan menyebabkan masalah kulit lainnya.

c. Minum banyak air

Air dapat memelihara dan meremajakan sel-sel tubuh. Orang yang tidak minum cukup air dapat mengalami dehidrasi yang akhirnya berdampak pada kesehatan kulit. Kulit akan terlihat kusam dan mudah kendur. Jadi, biasakan untuk minum banyak air untuk meningkatkan elastisitas kulit.

d. Hindari terlalu sering mandi air hangat

Terlalu sering mandi air hangat dapat memiliki efek merugikan pada elastisitas kulit, yang nantinya dapat merusak dan mengeringkan kulit.

e. Gunakan pelembap yang baik

Berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk menemukan krim pelembap terbaik untuk jenis kulit Anda.

f. Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kita disarankan untuk berolahraga 30 menit setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi di kulit. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengeluarkan racun di tubuh.

g. Protein

Protein membentuk matriks sel-sel tubuh, sehingga senyawa ini sangat penting bagi kolagen dan elastisitas kulit yang baik. Makanan yang mengandung protein seperti almond, kacang, salmon, sarden dan telur.

Inilah penyebab dan tips untuk mencegah elastisitas kulit mengendur. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template