Comments

Friday, August 2, 2013

10 Fakta penting soal buah pisang

Posted by at 6:36 AM Read our previous post



Pisang adalah salah satu buah yang bergizi serta murah dan mudah didapat. Khasiat dari buah ini pun sangat beragam untuk kesehatan. Simak fakta penting yang tak kalah menarik soal pisang selengkapnya seperti yang dilansir dari Appetite for Health berikut ini.

Teman pelaku diet

Pisang merupakan buah rendah kalori dengan serat tinggi. Pisang juga memiliki karbohidrat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga membuat perut merasa tetap kenyang. Oleh sebab itu tak heran jika pisang disebut sebagai buah dari teman pelaku diet.

Aroma pisang

Menurut sebuah penelitian, mencium aroma pisang ketika lapar bisa menahan nafsu untuk makan berlebihan. Sebab aroma pisang seolah memanipulasi otak bahwa sebenarnya perut sedikit lebih kenyang.

Pemberi energi

Penelitian lain juga menemukan kalau pisang sangat efektif untuk memberikan energi pada tubuh yang melakukan aktivitas fisik. Tak heran jika ada atlet olimpiade yang suka makan pisang hingga 16 kali dalam sehari.

Serba guna

Pisang adalah buah yang bisa dinikmati dalam bentuk apapun. Mulai dari dimakan secara langsung, diolah menjadi jus, smoothie, sampai puding atau makanan penutup lain. Selain lezat, berbagai olahan pisang itu pun jelas menyehatkan.

Vitamin C

Bukan cuma jeruk dan strawberry saja yang mengandung vitamin C, pisang juga. Fungsi vitamin C sendiri adalah untuk menguatkan sistem imun, menyehatkan otot, tulang, dan jaringan lain.

Vitamin B6

Selain vitamin C, pisang juga mengandung 20 persen asupan vitamin B6 yang disarankan setiap hari. Vitamin B6 punya tugas membentuk sel-sel tubuh yang sehat, memproduksi insulin, hemoglobin, dan antibodi pelawan infeksi.

Pereda sembelit

Pencernaan sedang tidak lancar? Coba perbanyak konsumsi pisang. Kandungan serat di dalamnya bisa membantu pencernaan berjalan lebih lancar, sembelit pun menghilang.

Kalium

Salah satu nutrisi penting yang terkandung dalam pisang adalah kalium. Senyawa tersebut berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang biasanya memicu penyakit jantung dan stroke.

Suasana hati

Jika sedang sedih, coba makan pisang. Kandungan magnesium di dalam buah pisang mampu memperbaiki suasana hati dan meredakan kesedihan. Sebab kekurangan magnesium selama ini memang dikaitkan dengan risiko depresi, cemas, dan gangguan suasana hati lainnya.

Pisang masak

Jika ingin pisang cepat masak, taruh buah ini di dalam kantung kertas dengan apel, pir, dan tomat. Dengan 'bantuan' dari teman-teman buah, pisang akan lebih cepat masak dan siap dinikmati.
Itulah beberapa fakta penting seputar pisang. Jangan ragu makan pisang dan mendapatkan manfaat kesehatan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template