Comments

Saturday, September 7, 2013

10 Makanan sehat yang makin lezat jika dipanggang

Posted by at 5:53 AM Read our previous post
 

Ada banyak cara untuk menikmati makanan sehat, salah satunya adalah dengan dipanggang. Bahkan makanan sehat tersebut tidak akan membuat lingkar pinggang melebar karena kebanyakan di antaranya adalah sayuran!

Lantas makanan sehat apa saja yang semakin lezat jika dipanggang? Langsung simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Selada

Tidak perlu terlalu lama ketika memanggang selada. Cukup letakkan selada di atas tempat pemanggang selama tiga menit. Garam, merica, dan cuka bisa ditaburkan sedikit di atasnya untuk menambah rasa.
Dengan kalori yang rendah, selada bisa jadi pilihan tepat untuk mendapatkan asupan vitamin A, C, dan K.


2. Semangka

Saat akan memanggang semangka, sebaiknya buah ini diiris kecil-kecil dahulu. Garam juga bisa ditambahkan untuk memperkaya cita rasa.
Semangka merupakan sumber antioksidan bernama lycopene yang baik. Menurut penelitian, lycopene adalah senyawa yang ampuh melawan penyakit jantung. Jadi coba nikmati semangka panggang demi mendapatkan khasiat kesehatan tersebut.


3. Pizza

Bosan dengan rasa pizza yang itu-itu saja? Coba panggang makanan ini untuk mendapatkan sensasi rasa yang baru. Anda bahkan bisa menambahkan taburan sendiri di atas pizza.
Beberapa pilihan taburan pizza adalah sayuran hijau seperti kalem selada air, dan asparagus. Jangan lupakan daun kemangi, potongan tomat, dan keju parut. Taburan tersebut adalah cara Anda untuk mengontrol nutrisi di atas pizza panggang buatan sendiri.


4. Mangga

Bagaimana rasanya jika buah mangga dipanggang? Asam manis yang melebur menjadi satu akan menjadi sajian yang nikmat sekaligus sehat.
Mangga sendiri bisa dibilang sebagai makanan super yang kaya vitamin dan mineral. Satu cangkir buah mangga setidaknya mengandung serat, vitamin A, B6, dan C.


5. Jamur portobello

Satu porsi jamur portobello hanya memiliki 40 kalori. Makanan sehat ini pun akan semakin lezat jika 'dilemparkan' di atas tempat pemanggang. Namun jangan lupa memotong batang jamur sebelum dipanggang. Celupkan dulu jamur portobello dalam bumbu yang terbuat minyak zaitun, bawang bombai, bawang putih, dan cuka sebelum dipanggang selama 10 menit.
Jamur portobello merupakan sumber nutrisi bernama selenium - cukup sulit ditemukan dalam makanan lain. Selain itu, kandungan kalium dalam jamur ini sama tingginya dengan pisang.


6. Anggur

Saat memanggang daging ayam atau udang, coba sisipkan buah anggur di antara tusukan makanan panggang tersebut. Makanan sehat ini akan semakin memperkaya rasa ayam dan udang panggang.
Anggur adalah buah yang tak memiliki lemak, kolesterol, dan juga garam. Buah ini justru mengandung banyak sekali vitamin C dan K.


7. Nanas

Memanggang nanas bisa memperkaya rasa buah ini. Sama seperti memanggang semangka, nanas perlu dipotong-potong dan diolesi gula merah dan kayu manis sebelum dimasak selama 30 menit.
Nanas mengandung 74 kalori dalam setiap cangkir porsinya. Di dalamnya juga terdapat vitamin C, serat, dan enzim bernama bromelain yang melancarkan pencernaan.


8. Asparagus

Asparagus umumnya cuma diolah menjadi sup atau makanan rebusan saja. Namun kini ada cara baru untuk menikmati makanan sehat yang satu ini, yaitu dengan dipanggang.
Asparagus memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, seperti serat, folat, vitamin A, C, E, dan K.

9. Strawberry

Strawberry panggang adalah makanan sehat lain yang rasanya tak kalah lezat. Sebelum dipanggang selama kurang dari dua menit, strawberry pun bisa dibumbui dengan cuka dan gula.
Strawberry sering dikaitkan dengan beberapa khasiat kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan risiko penyakit jantung pada wanita. Sementara nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah vitamin C dan kalori yang relatif rendah.

10. Persik

Terakhir, ada buah persik yang juga bisa dipanggang jika bosan dimakan dalam bentuk segar. Cara memanggang buah persik adalah dengan membelahnya menjadi dua, memberi perasan air lemon, gula, garam, dan kayu manis kemudian diletakkan di atas tempat pemanggang selama lima menit.
Buah persik mengandung berbagai vitamin, seperti A, C, E, dan K. Nutrisi lain di dalam buah tersebut adalah kalium dan juga serat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template